Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Suara Terbanyak di Banten, Rano Karno Dongkrak Suara PDI-P

Kompas.com - 14/05/2019, 11:20 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi


SERANG, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil meloloskan lima calon legislatif ke DPR RI dari Provinsi Banten. Bahkan, salah satu calegnya tercatat sebagai peraih suara terbanyak se-Banten.

Ketua DPD PDIP Banten Asep Rakhmatullah mengatakan, dari tiga dapil di Banten, PDIP berhasil meloloskan lima calegnya, dengan rincian, satu wakil dari Dapil Banten I dan Banten II, dan tiga wakil dari Dapil Banten III.

Baca juga: Ini yang Akan Dilakukan Ojek Online Erwin Siahaan Setelah Lolos Caleg

Khusus di Dapil Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, kata Asep, PDIP sukses mencatatkan prestasi gemilang, dengan meraih suara terbanyak.

Perolehan suara ini terdongkrak dengan tingginya suara yang diraih oleh mantan Gubernur Banten Rano Karno dengan jumlah 274.294 suara.

"Kami apresiasi Pak Rano Karno berhasil meraih suara tertinggi di Tangerang Raya dan mampu mendongkrak suara PDIP," kata Ketua DPD PDIP Banten, Asep Rakhmatullah dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (14/5/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh dari formulir model DC-1 KPU Provinsi Banten, raihan suara Rano Karno merupakan yang tertinggi di Banten. Sementara di urutan kedua, terdapat nama Desmond J Mahesa dengan 103.837 suara yang berlaga di Dapil Banten II.

Baca juga: Hasil Perang Bintang Caleg Dapil Yogyakarta, dari Hanafi Rais hingga Titiek Soeharto

Sementara lima nama caleg PDIP yang diprediksi mengisi kursi parlemen perwakilan Banten antara lain, dari Dapil Banten I Hasbi Asyidiki Jayabaya dengan raihan 40.181 suara, Dapil Banten II Ichsan Soelistyo 25.651 suara dan dari Dapil Banten III yakni Rano Karno 274.294 suara, Marinus Gea 41.471 suara serta Ananta Wahana 26.662 raihan suara.

"Ini sudah sesuai dengan target partai," kata Asep.

Hasil perolehan suara tersebut sudah ditetapkan oleh KPU Banten dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 tingkat Provinsi Banten yang selesai Senin (13/5/2019) dini hari.

"Rekapitulasi DPR RI sudah kita tetapkan, tapi belum pengesahan karena kewenangan ada di KPU RI," kata Komisioner KPU Banten Mashdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com