Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sekda Siak: Pembangunan Harus Sesuai dengan 5 Prioritas Nasional

Kompas.com - 14/05/2019, 03:20 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com - 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak T.S. Hamzah mengatakan, pembangunan daerah dan Indonesia akan diarahkan sesuai lima prioritas nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 Tahun 2020.

"Itu sesuai arahan dan penekanan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro," ujar Hamzah seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (13/5/2019).

Sekda Siak itu sendiri mengatakan hal tersebut usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) RKP Tahun 2020, yang diselenggarakan Kementerian PPN atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis pagi (9/5/2019).

Adapun 5 prioritas yang dimaksud adalah pertama pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan. Kedua, infrastruktur dan pemerataan wilayah.

"Kepala daerah diminta mengembangkan dan menyambung jalan tol yang dibangun ke titik-titik ekonomi seperti industri, wisata dan sentra sentra ekonomi lainnya," kata Hamzah.

Poin ketiga, kata dia, peningkatan nilai tambah sektor riil dan industrialisasi, serta memperluas kesempatan kerja.

Sedangkan keempat peningkatan ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup, serta kelima stabilitas pertahanan dan keamanan.

"Untuk mencapai target pembangunan itu diperlukan kerja sama dan sinergi semua unsur pemerintahan. Namun sarana penunjangnya seperti infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah" jelas Hamzah.

Ia menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementerian PPN Bappenas menekankan kunci untuk merealisasikan lima prioritas tersebut adalah dengan membentuk ekosistem yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, berdaya saing, terdidik, dan berkarakter.

"Dalam peningkatan SDM kita telah memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi terkemuka baik tingkat nasional maupun luar negeri" sebutnya.

Perlu diketahui, Musrenbangnas yang digelar pada tahun pertama pelaksanaan RPJMN 2020-2045 itu, mengangkat tema "Peningkatan SDM Untuk Dorong Pertumbuhan Berkualitas" dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

Turut hadir pada acara itu Wakil Presiden, Menko Maritim, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta menteri Koordinator Perekonomian RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com