Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Cacar Monyet, Penumpang dari Singapura Diperiksa "Thermal Detection"

Kompas.com - 13/05/2019, 16:26 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, pihaknya bersama kantor Karantina dan Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) telah memasang thermal detector (alat pendeteksi suhu tubuh) di pelabuhan feri internasional.

Upaya itu untuk mencegah masuknya wabah penyakit cacar monyet (monkeypox) yang diduga menyerang satu warga Afrika yang kebetulan mengunjungi Singapura.

Alat pendeteksi suhu tubuh tersebut dipasang pelabuhan feri internasional Batam Centre dan Harbour Bay. Kedua pelabuhan itu terbilang padat arus keluar masuk kapal feri.

"Setiap penumpang yang masuk melalui pelabuhan feri internasional, kami lakukan pemeriksaan suhu tubuhnya, dan apabila ada yang terinfeksi langsung dilakukan pemeriksaan khusus," kata Didi, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Waspada Penyakit Monkeypox, Dinas Kesehatan Riau Minta Dilakukan Pengawasan di Bandara dan Pelabuhan

Sampai saat ini, lanjut Didi, belum ada temuan penumpang yang terkena cara monyet. Namun demikian, pihaknya tetap bersiaga dan terus memeriksa setiap penumpang yang masuk melalui pelabuhan feri internasional.

Selain warga luar, warga Batam yang ingin berpergian atau masuk ke Batam dari Singapura dan Malaysia juga tetap diperiksa.

Bahkan untuk mengantisipasi merebaknya virus ini, Dinkes Batam juga menyiapkan 6 ruang isolasi, yakni 2 ruangan di RSUD Embung Fatimah dan 4 di RSBP Sekupang.

"Mudah-mudahan wabah ini tidak masuk ke Batam," harapnya.

Baca juga: 6 Fakta Ratusan KPPS Gugur, Jumlah Korban hingga 13 Penyakit Penyebabnya

Didi menjelaskan, virus ini sebenarnya bukan berasal dari Singapura. Virus cacar monyet ini awalnya menjangkiti salah satu warga Afrika yang berada di Singapura.

Namun saat ini yang bersangkutan sudah dikarantina oleh otoritas kesehatan Singapura.

Catatan:

Redaksi sudah mengoreksi ketidakakuratan data di artikel dan keterangan foto. Sebelumnya, disebutkan bahwa penyakit cacar monyet (monkeypox) meluas di Singapura. Kenyataannya adalah bahwa hanya ada satu warga Afrika terkena suspect cacar monyet dan sudah ditangani otoritas kesehatan setempat. Kami mohon maaf atas ketidakakuratan ini. Terima kasih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com