Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Exit Tol di Brebes Jadi Titik Krusial Saat Arus Mudik

Kompas.com - 13/05/2019, 14:53 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengidentifikasi tiga titik rawan saat arus mudik Lebaran 2019.

Ketiga titik itu adalah Exit Tol Brebes Timur, Brebes Barat dan Pejagan.

"Memang yang paling berat di tiga titik itu apabila saat arus mudik nanti. Tiga titik tersebut krusial karena tiga titik ini akan menuju pada satu arah yang sama ke selatan, menuju Purwokerto dan Banyumas sini," katanya saat mengunjungi Markas Brimob Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Pemda Jawa Tengah Antisipasi agar Tragedi Brexit Tidak Terulang

Menurut Rycko, ada beberapa hal yang menjadi perhatiannya. Salah satunya adanya pasar tumpah menjelang hari raya dan traffic light yang berdekatan dengan pintu keluar tol.

"Terutama di Pejagan, setelah 300 meter kita sudah ketemu persimpangan jalan utama dari Pantura menuju ke selatan. Kemudian ada beberapa pasar pasar, tikungan dan SPBU ini menjadi perhatian kita," jelas Rycko.

Baca juga: Polisi Akan Berlakukan “One Way” dari Tol Brexit hingga Palimanan

Rycko mengatakan, telah melakukan pengecekan jalur mudik untuk melihat kesiapan jalan, rambu lalu lintas dan sarana pendukung jalan. Itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran para pemudik.

"Sejak kemarin saya sudah melakukan pengecekan terhadap jalan tol, mulai dari perbatasan kita dengan Jawa Barat. Di pintu pertama kali kita di Pejagan dengan di Semarang, ada 24 pintu, yang tentunya mengidentifikasi beberapa trouble spot yang ada disana," ujar Rycko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com