Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temukan Jalan Amblas di Jalur Mudik Sumedang, Kapolres Minta Perbaikan Selesai H-7 Lebaran

Kompas.com - 13/05/2019, 07:46 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi


SUMEDANG, KOMPAS.com - Untuk memastikan keamanan pemudik yang melintas ke wilayah Kabupaten Sumedang, jajaran Polres Sumedang melakukan pengecekan sejumlah ruas jalur jalan mudik, Minggu (12/5/2019).

Ruas jalan yang dicek meliputi jalur jalan nasional, Jalan Raya Cirebon-Bandung, mulai dari wilayah Kecamatan Cimalaka hingga Kecamatan Tomo, perbatasan Kabupaten Majalengka.

Baca juga: Jalur Mudik, Jalintim Palembang-Lampung di Kabupaten OKI Kondisinya Rusak

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, saat pengecekan jalur tersebut, pihaknya menemukan jalan nasional di kilometer 36, Kecamatan Paseh terdapat jalan amblas 10 sentimeter dengan panjang 5 meter dan retak 10 sentimeter.

"Jalur masih bisa dilalui kendaraan, dan saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan dipastikan H-7 selesai," ujarnya kepada KOMPAS.com melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (12/5/2019).

Kapolres menuturkan, selain kerawanan di wilayah tersebut, seluruh jalur mudik di wilayah Sumedang dipastikan aman dilalui pemudik pada waktunya nanti.

"Pada intinya jalur mudik siap dilalui kendaraan. Kami berharap untuk pengerjaan jalan yang amblas itu bisa segera. Sebelum masa mudik tiba," tuturnya.

Baca juga: Aspal dan Median Jalan Pantura Rusak, Ancam Keselamatan Pemudik Lebaran

Kapolres menyebutkan, selain mengecek jalur mudik, pihaknya juga memantau lokasi untuk pendirian Pospam Operasi Ketupat Lodaya 2019 di jalur tersebut.

"Bagi pemudik yang akan melintas di Sumedang pastikan diri fit, termasuk untuk kendaraan yang akan digunakan mudik juga harus dalam kondisi benar-benar layak digunakan. Bila mengantuk, kami sarankan beristirahat di tempat yang aman, kami siagakan Pospam di sejumlah titik untuk pemudik beristirahat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com