Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik Arumi Bachsin "Gagal Ngantor" di DPRD Jatim

Kompas.com - 13/05/2019, 06:23 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Alila Bachsin, adik artis Arumi Bachsin yang juga adik ipar Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak gagal menjadi anggota DPRD Jawa Timur melalui Pemilu 2019.

Caleg yang diusung Partai Amanat Nasional itu hanya mendapatkan total 8.274 suara di daerah pemilihan Jawa Timur IX yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Magetan, Trenggalek dan Ngawi.

Baca juga: Ini 8 Caleg yang Lolos ke Senayan dari Dapil DIY, Hanafi Rais Urutan Kedua Suara Terbanyak

Hasil rekapitulasi suara Pileg DPRD Jawa Timur dapil IX yang dihimpun dari KPU Jawa Timur menyebut, Alila Bachsin hanya memperoleh 231 suara di Pacitan, 1.105 suara di Ponorogo, 3.079 suara di Trenggalek, 1.838 suara di Magetan, dan 2.021 di Ngawi.

Bahkan di dapil tersebut, tidak satu pun caleg PAN mendapatkan kursi DPRD Jawa Timur. Kuota 12 kursi diisi oleh PDIP (3 kursi), Demokrat (2 kursi), PKB (2 kursi), Nasdem (2 kursi), Golkar (1 kursi), Gerindra (1 kursi), dan PKS (1 kursi).

Baca juga: Kampanye di Masjid, Caleg Gerindra Divonis Hukuman Percobaan

Basuki Babussalam, Sekretaris PAN Jawa Timur membenarkan jika Alila Bachsin gagal melenggang ke gedung DPRD Jawa Timur. Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi gagalnya PAN merebut kursi di Dapil Jatim IX.

Salah satunya kata Basuki adalah Jokowi Effect.

"Jawa Timur sebagai basis utama Pak Jokowi pengaruhnya luar biasa terhadap partai lain, khususnya pengusung Prabowo-Sandi," katanya, Minggu (12/5/2019) malam.

Di dapil yang sama, mendiang isteri Ifan Seventeen, Dylan Sahara Puteri mendapatkan 6.019 suara dari 5 daerah pemilihan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com