Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katon Bagaskara Kemungkinan Besar Gagal Melenggang ke Senayan

Kompas.com - 12/05/2019, 12:43 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PDI Perjuangan kemungkinan besar mampu meloloskan dua orang wakilnya duduk di DPR RI dapil DIY. Artis Katon Basaskara yang digadang-gadang menjadi wakil rakyat kemungkinan besar tak akan lolos.

Dari model DC 1 DPR RI, yang paling banyak diraih PDI Perjuangan dengan 191.145 suara, dan untuk perolehan caleg DPR RI tertinggi adalah MY Esti Wijayanti dengan 176.306 suara, dan Idham Samawi dengan 158.425 suara.

"Kemungkinan dua kursi, meski kita naik signifikan perolehan suaranya. Tetapi untuk perolehan suara kan harus menggunakan bilangan pembagi. Jadi kemungkinan dua kursi," kata MY Esty Wijayanti saat dihubungi Kompas.com, Minggu (12/5/2019).

Praktis bila hanya memperoleh dua kursi, maka artis dan musisi Katon Bagaskara yang maju sebagai caleg PDI Perjuangan Dapil DIY pun gagal.

Baca juga: Dari Dapil DIY, GKR Hemas dan Hanafi Rais Lolos ke Senayan

 

Dua politisi senior DIY Idham Samawi dan MY Esti yang dipastikan lolos. Esti mengatakan, suara partai besutan Megawati Soekarno Putri di DIY secara keseluruhan naik dibandingkan pemilu 2014 lalu yang totalnya 570.531.

Menurut dia, suara PDI Perjuangan hanya turun untuk wilayah Gunungkidul, itupun di Dapil I.

"Intinya peningkatan suara signifikan di DIY ini karena kerja keras dari semua pihak dari tataran atas dan bawah solid untuk membawa nama PDI Perjuangan," ucapnya.

Disinggung mengenai, evaluasi. Menurut dia, ke depan PDI Perjuangan harus lebih solid dalam menghadapi Pilkada serentak di DIY yang akan dilakukan pada 2020 mendatang.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Jokowi-Maruf Amin Unggul di Seluruh Kabupaten/Kota di DIY

 

Berkaca dari Pilkada 2015 lalu, calon yang diusung PDI Perjuangan hanya menang di Kabupaten Kulon Progo.

Untuk DPR RI secara keseluruhan jumlah suara sah jumlahnya mencapai 2.184.355 sementara suara tidak sah 230.006.

Meski demikian hasil ini masih akan diuji lagi di KPU Pusat nantinya. KPU DIY akan segera menyerahkan hasil rekapitulasi pada Senin (13/5/2019) mendatang. Nantinya akan diikutsertakan dalam rekapitalisasi nasional.

"Rencananya kami berangkat besok (Minggu 12/5/2019), jadi besok itu berkas kami bawa ke sana (KPU RI) agar saat rekap nasional bisa kemudian dipaparkan dengan baik," kata Ketua KPU DIY Hamdan Kurniwan, di JEC Sabtu (11/5/2019) malam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com