Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun ini, Masjid Nusantara Selesaikan Pembangunan 30 Masjid di Pelosok Indonesia

Kompas.com - 12/05/2019, 12:04 WIB
Reni Susanti,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Laporan masjid tidak layak seperti rusak dan harus segera dibangun berdatangan ke Yayasan Masjid Nusantara. Laporan terutama berasal dari daerah pelosok luar Jawa. Tahun ini, 30 masjid ditargetkan selesai oleh Yayasan Masjid Nusantara.

"Kondisinya banyak yang mengenaskan, rusak, bocor. Ada yang sedang membangun tapi baru setengah jadi karena enggak punya dana," ujar Direktur Yayasan Masjid Nusantara, Pras Purworo saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Minggu (12/5/2019).

Pras menjelaskan, sejak 2012 pihaknya memperbaiki dan membangun 84 masjid dengan total donasi Rp 11,2 miliar.

Baca juga: Wali Kota Semarang ajak Go-Clean jadi Mitra Bersih-bersih Masjid

Masjid-masjid tersebut tersebar di seluruh Indonesia, terutama daerah pelosok salah satunya Halmahera. Beberapa waktu lalu, timnya ke Halmahera dan cukup kesulitan menjangkau lokasi.

“Tim saya sudah kesana, jaraknya cukup jauh. 11 jam ke Toledo. Pake kapal, karena termasuk pulau terluar di Indonesia,” katanya.

Pras mengatakan, banyaknya masjid di pelosok yang sulit mendapatkan material. Kalaupun ada, harganya tinggi karena terbatasnya aksesibilitas.

Kondisi itu diperparah dengan tingkat ekonomi masyarakat yang rata-rata kurang mampu. Untuk itu, pembangunan masjid di pelosok harus dibantu.

Namun, ia mengakui  Yayasan Masjid Nusantara mengalami kesulitan memeroleh data akurat jumlah masjid yang rusak di daerah pelosok. Selama ini pihaknya hanya mengandalkan da’i yang ada di pelosok.

Baca juga: Azan Pitu, Tradisi Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon Sejak Zaman Wali Sanga

Untuk dana bantuan, pihaknya menggandeng banyak donatur dan meluncurkan program Cinta Masjid.

“Mereka (donatur) coba bantu, dan yang tertarik di daerah bukan di pulau Jawa. Misalkan iklankan di pulau mana, Insya Allah ada donatur yang mau bantu," bebernya.

Pras mengungkapkan, dana yang dibutuhkan tiap masjid berbeda yaitu berkisar antara  Rp 100 juta hingga Rp 300 juta. Namun untuk masjid di Lombok yang terkena bencana, pihaknya telah menghabiskan anggaran Rp 3 miliar yang bersumber dari mitra Masjid Nusantara.

“Tahun ini 30 masjid ditargetkan selesai dan tahun depan 50 masjid dapat diperbaiki,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com