Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Benda Langit Menyerupai Meteor di Probolinggo

Kompas.com - 11/05/2019, 17:28 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Video yang menangkap adanya cahaya bergerak di langit yang kemudian ramai disebut sebagai meteor di Probolinggo, Jawa Timur dipastikan adalah hoaks.

Sebelumnya video ini ramai beredar di Facebook sejak Minggu (5/5/2019). Namun kemudian dibantah dan dinyatakan sebagai hoaks.

Narasi yang beredar:

Video itu berdurasi 18 detik dan dibagikan akun Facebook Epank Errong Emmak. Dalam video terlihat sebuah benda bercahaya yang bergerak melintas dan disebutkan terjadi di langit malam Probolinggo.

Benda itu terlihat memiliki bagian kepala yang bersinar terang dan ekor cahaya yang memanjang ke belakang.

Karena bentuknya itulah, banyak orang yang kemudian menduganya sebagai meteor.

Penelusuran Kompas.com:

Peristiwa hujan meteor memang terjadi di langit Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Senin (6/5/2019) dini hari.

Salah seorang warga Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Sundari, menceritakan pengalamannya yang menyaksikan langsung hujan meteor kepada Kompas.com.

Dia mengatakan, Senin dini hari sekitar pukul 03:30 WIB dirinya berada di Pantai Duta bersama temannya. Sundari mengaku, melihat hujan meteor turun di langit Probolinggo menuju arah utara. Namun dia tidak sempat mengabadikan momen tersebut.

Akan tetapi, video yang beredar itu bukan menggambarkan peristiwa meteor jatuh di Probolinggo. Sundari pun menilai video itu tidak sama dengan hujan meteor yang dilihatnya.

"Ramai di medsos video hujan meteor di Probolinggo. Padahal saya mengamati video tersebut, kejadian tersebut bukan di Probolinggo tapi di luar negeri. Jadi peristiwa itu memang betul, namun video yang viral di medsos yang disebut terjadi di Probolinggo itu hoaks," kata Sundari.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto. Dia menegaskan informasi ini tidak benar.

"Itu tidak benar adanya," ujar Eddwi saat dihubungi Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Hoaks, Video Hujan Meteor Turun di Langit Probolinggo

Unggahan itu juga mengaitkan jatuhnya meteor di Probolinggo dengan Eta Aquarids. Namun, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin membantah hal tersebut.

"Dilihat dari video, itu adalah bolide pada ketinggian sekitar 120 kilometer. Bolide adalah meteor besar karena masuknya batuan antariksa dan mulai terbakar pada ketinggian sekitar 120 kilometer," ujar Thomas.

Baca juga: Viral Video Benda Diduga Meteor Jatuh di Probolinggo, Ini Kata Lapan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com