Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Solo Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 11/05/2019, 12:24 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan, sekitar 7 juta kendaraan diprediksi akan masuk Kota Solo, Jawa Tengah, selama masa angkutan mudik Lebaran 2019.

Pada hari biasa, jumlah kendaraan yang masuk ke Solo sebanyak 1,5-2 juta kendaraan per hari.

"Prediksi kami antara 6-7 juta kendaraan per hari yang nanti akan masuk ke Solo selama Lebaran. Malahan bisa lebih dengan dibukanya jalan tol," kata Hari saat ditemui di Solo, Sabtu (11/5/2019).

Baca juga: Pemkot Surakarta Tunggu Kebijakan Pemerintah soal Wacana Gratiskan Kereta Wisata Solo

Hari menyampaikan, meningkatnya jumlah kendaraan itu karena lokasi Solo mudah diakses dibandingkan kota lain di wilayah Solo Raya.

Kendaraan yang ingin masuk Solo bisa melalui Gerbang Tol Colomadu maupun Klodran. Menurutnya, kedua gerbang tol tersebut merupakan pintu strategis masuk Solo.

"Solo ini kota ampiran (tujuan). Pertama, aksesnya paling mudah di antara kota-kota di Solo Raya. Dari tol mau ke Boyolali terlalu jauh, dari tol ke Salatiga macet," ungkapnya.

Baca juga: Melenceng dari Target, Ruang Tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Baru 60 Persen

Kendati meningkat, kata Hari, kepadatan arus lalu lintas kendaraan tidak akan begitu kelihatan di kota. Sebab, libur sekolah tahun ini cukup panjang sehingga bisa memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan hari mudik.

Lebih jauh Hari mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan selama arus mudik maupun balik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com