85 Lokasi Penukaran Uang Dibuka di Sulawesi Selatan hingga 5 Juni

Kompas.com - 10/05/2019, 21:02 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat membuka acara kegiatan penukaran uang di lapangan upacara kantor gubernur Sulawesi Selatan, Jumat (10/5/2019). Dok Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat membuka acara kegiatan penukaran uang di lapangan upacara kantor gubernur Sulawesi Selatan, Jumat (10/5/2019).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) membuka 85 lokasi penukaran uang di sejumlah kabupaten di Sulsel, Jumat (10/5/2019).

Lokasi penukaran uang ini dibuka oleh Biro Ekonomi Pemprov Sulsel dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sulsel bersama perbankan di Kota Makassar.

85 lokasi tersebut tersebar di kabupeten di Sulawesi Selatan yang terdiri dari 54 bank dan retail serta swalayan di Sulsel. 

"Salah satu tradisi masyarakat di bulan Ramadan menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah dengan melakukan penukaran pecahan uang baru untuk dibagi-bagikan kepada sanak keluarga," kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat membuka kegiatan penukaran uang di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (10/5/2019).

Baca juga: Catat, Ini Rest Area di Jawa Tengah yang Layani Penukaran Uang

Nurdin mengatakan kolaborasi dengan Bank Indonesia dan seluruh perbankan di Sulsel untuk menghindari penukaran uang yang dilakukan para calo yang dapat merugikan masyarakat.

Dengan begitu, kebutuhan uang dalam pecahan kecil juga bisa dirasakan masyarakat.

Terkhusus di kota Makassar, terdapat 11 titik tempat penukaran uang dan dilaksanakan lebih awal di hari kelima puasa.

"Ini sudah disiapkan layanannya. Mau uang besar atau uang kecil, jangan lagi kita ke calo, karena uang ini menjadi kebutuhan. Biasalah ini menjadi tradisi ke anak-anak kita untuk membagi-bagikan uang," ujar Nurdin.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ada 17 Tempat Layanan Penukaran Uang di Jalan Tol Jatim

Nurdin mengungkapkan, Sulawesi Selatan saat ini merupakan pusat perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

Ini berdasarkan data BPS yang menyebut pertimbuhan ekonomi Sulsel pada Triwulan I tahun 2019 naik hingga 6,56 persen. Pertumbuhan ekonomi dalam dunia usaha dan sektor konsumsi ini meningkat di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu mantan Bupati Bantaeng ini mengimbau masyarakat untuk menukarkan langsung uangnya di lembaga perbankan atau mendatangi mobil yang dijadikan lokasi penukaran uang.

"Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan uang pecahan baru," ujarnya.

Lokasi penukaran uang di Makassar dibuka mulai hari ini. Sedangkan di kabupaten lain dibuka mulai Senin pekan depan hingga 5 Juni.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X