Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

46 Ton Bawang Putih Impor Cina Masuk Sumatera Barat

Kompas.com - 10/05/2019, 13:43 WIB
Perdana Putra,
Rachmawati

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 46 ton bawang putih impor dari China masuk ke Sumatera Barat, Jumat (10/5/2019).

Bawang putih itu dipasok oleh Kementerian Pertanian melalui operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga bawang putih yang sempat melambung dalam beberapa pekan lalu.

"Ada 46 ton bawang putih impor yang kita pasok ke Sumbar. 30 ton untuk daerah Padang dan sisanya untuk Payakumbuh dan sekitarnya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI, Agung Hendriadi kepada Kompas.com di sela-sela operasi pasar di Pasar Raya Padang.

Baca juga: Gubernur Sumbar Sidak Harga Bawang Putih ke Pasar Raya

Agung menjelaskan, pasokan bawang putih itu adalah program pemerintah untuk mengendalikan harga bawang putih yang beberapa hari belakangan mengalami kenaikan.

Secara nasional, kata Agung, ada sebanyak 115.000 ton bawang putih dari Cina yang dipasok ke Indonesia.

"Untuk di Sumbar, 46 ton ini adalah jangka pendek. Kedepannya, bawang putih impor akan terus masuk ke Sumatera Barat sesuai dengan kebutuhan yang diminta," katanya.

Baca juga: Harga Bawang Putih Naik 100 Persen, 3 Siungnya Rp 10.000 di Parepare

Agung menyebutkan, pihaknya sudah menetapkan harga per kilogram bawang putih untuk pedagang adalah Rp 25.700. Lalu pedagang diminta menjual bawang ke masyarakat dengan harga mulai dari Rp 28.000 per kilogram hingga harga tertinggi Rp 35.000 per kilogram.

Operasi Pasar yang dilaksanakan hari ini di Padang, kata Agung juga dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan harga bawang putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com