46 Ton Bawang Putih Impor Cina Masuk Sumatera Barat

Kompas.com - 10/05/2019, 13:43 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI, Agung Hendriadi dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan keterangan pers terkait 46 ton bawamg impor Cina masuk Sumbar, Jumat (10/5/2019) Kompas.com/PERDANA PUTRAKepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI, Agung Hendriadi dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan keterangan pers terkait 46 ton bawamg impor Cina masuk Sumbar, Jumat (10/5/2019)

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 46 ton bawang putih impor dari China masuk ke Sumatera Barat, Jumat (10/5/2019).

Bawang putih itu dipasok oleh Kementerian Pertanian melalui operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga bawang putih yang sempat melambung dalam beberapa pekan lalu.

"Ada 46 ton bawang putih impor yang kita pasok ke Sumbar. 30 ton untuk daerah Padang dan sisanya untuk Payakumbuh dan sekitarnya," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI, Agung Hendriadi kepada Kompas.com di sela-sela operasi pasar di Pasar Raya Padang.

Baca juga: Gubernur Sumbar Sidak Harga Bawang Putih ke Pasar Raya


Agung menjelaskan, pasokan bawang putih itu adalah program pemerintah untuk mengendalikan harga bawang putih yang beberapa hari belakangan mengalami kenaikan.

Secara nasional, kata Agung, ada sebanyak 115.000 ton bawang putih dari Cina yang dipasok ke Indonesia.

"Untuk di Sumbar, 46 ton ini adalah jangka pendek. Kedepannya, bawang putih impor akan terus masuk ke Sumatera Barat sesuai dengan kebutuhan yang diminta," katanya.

Baca juga: Harga Bawang Putih Naik 100 Persen, 3 Siungnya Rp 10.000 di Parepare

Agung menyebutkan, pihaknya sudah menetapkan harga per kilogram bawang putih untuk pedagang adalah Rp 25.700. Lalu pedagang diminta menjual bawang ke masyarakat dengan harga mulai dari Rp 28.000 per kilogram hingga harga tertinggi Rp 35.000 per kilogram.

Operasi Pasar yang dilaksanakan hari ini di Padang, kata Agung juga dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan harga bawang putih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X