Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Km Jalan Nasional di Trenggalek Diperbaiki untuk Arus Mudik Lebaran

Kompas.com - 10/05/2019, 08:43 WIB
Slamet Widodo,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Sepanjang ratusan kilometer jalan nasional di wilayah kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Kamis (09/05/2019) dilakukan perbaikan agar siap dilintasi pemudik dengan kondisi jalan stabil.

Dipastikan, pengerjaan jalur lintas selatan ini selesai pada H-10 menjelang Lebaran.  

Jalur yang diperbaiki adalah penghubung dari kebupaten Trenggalek menuju kabupaten Pacitan, dan dari Trenggalek menuju kabupaten Ponorogo.

Awal pengerjaan dimulai dari simpang tiga Jarakan kelurahan Karangsoko Trenggalek, yang merupakan titik simpul menuju maupaun keluar kota di berbagai wilayah.

Baca juga: Minggu, Polres Trenggalek Kumpulkan Tim Pemenangan Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga

 

Saat ini, peroses perbaikan jalur tengah berlangsung di sepanjang jalan Soekarno-Hatta kabupaten Trenggalek, dan akan dilanjutkan hingga ke-perbatasan kabupaten Ponorogo.

“Saat ini kita bergerak di semua ruas,dari simpang Jarakan Trenggalek ke Pacitan, maupun Jarakan Ponorogo. Pada H-10 Idul Fitri tidak ada lubang lagi,” terang Kepala Urusan Tata Usaha Balai Besar Jalan Nasional Nana Sujana di lokasi perbaikan jalan, Kamis.  

Jenis kerusakan jalan yang diperbaiki adalah kondisi jalan yang berlubang, serta kondisi jalan yang bergelombang.

Sedangkan titik jalur yang memerlukan perbaikan total adalah, jalan nasional yang berada di KM 16 desa Nglinggis, kecamatan Tugu, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Di KM 16 yang merupakan penghubung menuju kabupaten Ponorogo, sepanjang sekitar satu Kilometer mengalami kerusakan akibat terkena longsor.

Baca juga: Pemprov Jatim Ingin Tol Pandaan-Malang Segera Diresmikan untuk Mudik Lebaran

“Kalau tidak ada halangan, dalam kurun waktu Lima hari ke depan, sudah dilakukan pengaspalan,” ujar Nana Sujana. Pihak balai besar jalan nasional juga menjelaskan, bahwa pengerjaan dipastikan akan selesai pada H-10.

Tidak hanya jalan nasional, rumput di sepanjang bahu jalan harus bersih dengan ketinggian rumput tidak lebih dari 10 cm. Saluran air serta jalan yang mengalami ambles, juga harus selesai dikerjakan di H-10 Idul Fitri.

“Untuk pelengkapnya yaitu bahu jalan tidak boleh ada rumput,lebih dari 10 Sentimeter, serta saluran air tidak boleh ada yang tersumbat, “ terang Nana Sujana.

Jalur lintas selatan pulau Jawa ini, merupakan idola bagi para pemudik dari wilayah Jawa Tengah, yang hendak menuju kabupaten Malang hingga kabupaten Banyuwangi, maupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com