Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kesalahan, Jadwal Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 KPU Jatim Molor

Kompas.com - 10/05/2019, 07:50 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Rekapitulasi suara Pemilu 2019 KPU Jawa Timur batal rampung Kamis (9/5/2019). Rekapitulasi molor karena saksi dari salah satu partai menyebut ada kesalahan angka di dua kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Praktis, target rekapitulasi yang sepanjang Kamis harus menyelesaikan total 38 kabupaten dan kota, harus menahan tiga kabupaten yakni Bangkalan, Sampang dan Pamekasan.

Rekapitulasi Kamis yang berakhir pukul 01.30 WIB atau Jumat dini hari pun dilanjutkan Jumat (10/5/2019) besok untuk 3 kabupaten dimaksud.

"Untuk Pamekasan besok tinggal membacakan saja, karena permasalahan angka sudah selesai dicocokkan," kata Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam usai rekapitulasi di Hotel Singgasana Surabaya.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara di Jabar Molor

Masalah di dua kecamatan di Pamekasan yakni Kecamatan Waru dan Batumarmar itu diungkap Renville Antonio, Sekretaris Partai Demokrat Jawa Timur.

"Ada kesalahan penulisan di Form DA1 yang kami miliki dengan DB1 yang dibacakan KPU," kata Renville.

Masalah dianggap selesai karena Bawaslu merekomendasikan untuk dilakukan pencocokan angka di 2 kecamatan di Pamekasan tersebut.

Choirul Anam tidak mempermasalahkan molornya jadwal rekapitulasi tersebut karena menurutnya Jawa Timur adalah provinsi pertama yang menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Baca juga: Saksi Prabowo-Sandiaga Tolak Teken Hasil Rekapitulasi Suara di Surabaya

 

"Banyak provinsi yang baru melaksanakan rekapitulasi mulai hari ini," ujarnya.

Namum karena molornya jadwal rekapitulasi, pihaknya terpaksa menunda pengiriman data hasil rekapitulasi ke KPU pusat.

"Semula kami jadwalkan tanggal 11 sudah kami kirim, karena molor berarti kami harus menunda tanggal 12 atau 13 Mei," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com