[KLARIFIKASI] Video soal Uang Palsu Dibuktikan dengan Menyiram Bensin

Kompas.com - 10/05/2019, 04:04 WIB
Viral video uang kertas pecahan Rp 50.000 disiram bensin untuk membuktikan keaslian uang beredar di media sosial Facebook pada Rabu (8/5/2019). Facebook: Ahmad HudloriViral video uang kertas pecahan Rp 50.000 disiram bensin untuk membuktikan keaslian uang beredar di media sosial Facebook pada Rabu (8/5/2019).
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com — Sebuah video yang menampilkan petugas SPBU menyiram uang kertas pecahan Rp 50.000 dengan bensin beredar di media sosial pada Rabu (8/5/2019).

Dalam video itu disebutkan, setelah disiram dengan bensin, ternyata terlihat bahwa uang kertas itu palsu. Bahkan, uang itu seperti dua lembar kertas yang ditempel dan terpisah setelah disiram bensin.

Atas tersebarnya video itu, Bank Indonesia (BI) memberikan tanggapan.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, video tersebut diunggah oleh salah satu akun bernama Ahmad Hudlori di grup "Info Kriminal & Lalu Lintas (Nusantara)" di media sosial Facebook.

Viral unggahan pengguna Facebook bernama Ahmad Hudlori yang menampilkan video pembuktian uang kertas palsu yang disiram bensin oleh petugas SPBU pada Rabu (8/5/2019).Facebook: Ahmad Hudlori Viral unggahan pengguna Facebook bernama Ahmad Hudlori yang menampilkan video pembuktian uang kertas palsu yang disiram bensin oleh petugas SPBU pada Rabu (8/5/2019).

Ia juga menyampaikan bahwa saat itu kondisi bahan bakarnya menunjukkan telah habis atau ada di indikator E (empty).

Dalam unggahan, Ahmad menuliskan bahwa ketika akan mengisi bahan bakar mobilnya, ia menyadari bahwa di dompetnya hanya tersedia uang kurang dari Rp 30.000.

Oleh karena itu, Ahmad memutuskan untuk mengambil uang di ATM sejumlah Rp 200.000 atau empat lembar uang pecahan Rp 50.000.

Sesampainya di sebuah SPBU di Kota Kediri, Ahmad berbincang dengan petugas SPBU dan meminta kendaraannya diisi bahan bakar Rp 150.000.

Ketika proses pengisian selesai, Ahmad menyodorkan uang Rp 150.000 ke petugas SPBU. Akan tetapi, petugas curiga dan meminta Ahmad mengizinkannya untuk menyiram selembar uang Rp 50.000 menggunakan bensin.

Kemudian, petugas SPBU mengungkapkan bahwa selembar uang tersebut palsu. Ini dibuktikan dengan lembaran uang tersebut terpisah menjadi dua lembar.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X