Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Negara Kedua "Stunting" Terbanyak Setelah Kamboja

Kompas.com - 09/05/2019, 17:00 WIB
Farida Farhan,
Rachmawati

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Wiryanta, menyebutkan Indonesia merupakan negara kedua stunting terbanyak setelah Kamboja.

Penurunan prevalensi stunting di Indonesia dari tahun ke tahun cukup sedikit. Pada 2013 prevalensi stunting tercatat sebesar 37,2 persen dari angka kelahiran. Kemudian pada 2018 sebesar 30,8 persen.

Baca juga: PKK Jabar: Perencanaan Kehamilan Jadi Kunci Tekan Angka Stunting

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo meminta semua kementerian dan pihak terkait bekerjasama menurunkan prevalensi stunting dengan target prevalensi stunting di bawah angka 20 persen. Sebab, stunting tak bisa diselesaikan oleh Kementerian Kesehatan dan badan-badan di bawahnya.

"Kominfo misalnya, turut andil mencegah stunting melalui sosialisasi. Menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui media arus utama, seperti radio, televisi, media cetak, media online, serta melalui media sosial dan ruang dialog," katanya usai sosialisasi Generasi Hidup Bersih dan Sehat (Genbest) di Aula Hotel Akshaya, Karawang, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, sosialisasi Genbest sangat penting dilakukan untuk menciptakan generasi penerus dengan sumber daya manusia yang mumpuni, untuk mendukung Indonesia menuju negara maju. Apalagi, pada 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi.

"Ini yang perlu diantisipasi. Oleh karenanya sosialisasi ini kami sasar bagi generasi milenial yang menuju usia perkawinan. Sebagai wawasan bagi mereka," katanya.

Baca juga: Cegah Stunting, Menteri Susi Tuntut Ibu Masak Ikan untuk Anaknya

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji menyebut Karawang sebagai salah satu wilayah dengan prevalensi stunting tertinggi di Jawa Barat.

"Di Jawa Barat ada sekitar 20 persen dari angka kelahiran. Selain Karawang, ada Indramayu, Sumedang, dan Majalengka," kata Setiaji.

Beberapa wilayah di Karawang dengan angka penderita stunting ada di beberapa desa yang sebagian tersebar di Kecamatan Tirtajaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kecamatan Tirtamulya, Kecamatan Banyuasri dan Kecamatan Jayakerta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com