Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Naik, Pengelola Bandara SSK II Pekanbaru Rugi Rp 12 Miliar

Kompas.com - 09/05/2019, 16:26 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II yang merupakan pengelola Bandara SSK II Pekanbaru, mengaku merugi karena kenaikan harga tiket pesawat.

Executive General Manager (EGM) Bandara SKK II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait mengatakan, kenaikan harga tiket mengakibatkan penurunan penumpang hingga 28 persen. Hal itu mengakibatkan kerugian mencapai Rp 12 miliar.

"Kalau dari sisi penurunan penumpang itu sudah di atas 28 persen. Dan dari sisi pendapatkan juga sangat terasa, ada potential loss yang cukup besar. Kalau dirata-rata tiap bulan mencapai angka Rp 3 miliar," kata Jaya, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Mahalnya Tiket Pesawat Picu Penurunan Jumlah Penumpang KA Bandara Kualanamu hingga 30 Persen

"Jadi kalau rata-rata Rp 3 miliar tiap bulan, sudah berlangsung empat bulan ini ya sudah Rp 12 miliar kerugian minimum yang kami rasakan," sambung dia.

Pihaknya berharap, harga tiket bisa turun atau kembali normal, khususnya jelang angkutan Lebaran.

"Angkasa Pura II sebagai penyelenggara bandara tidak punya wewenang untuk menekan harga tiket pesawat. Kami hanya bisa mengimbau maskapai," ungkapnya.

Ia mengaku tak mengetahui pasti mengapa perusahaan maskapai penerbangan menaikkan harga tiket.

Hingga kini maskapai juga tak kunjung menurunkan harga tiket pesawat. Padahal Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah memerintahkan hal tersebut berkali-kali.

"Kita juga masih bingung, salah satu kenaikan menurut mereka karena harga avtur. Tapi dibanding dengan harga di luar negeri relatif sama," ucapnya.

Baca juga: Soal Harga Tiket Pesawat, Menhub Lempar Bola ke Menteri BUMN

Selain penerbangan domestik yang mengalami penurunan, yakni sekitar 28 penerbangan baik datang dan berangkat setiap harinya, Jaya memaparkan, penerbangan internasional juga cenderung lesu.

Salah satunya, maskapai Air Asia yang sudah membatalkan penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia, sejak 7 hingga 23 Mei 2019.

“Alasannya karena alasan operasional. Tapi biasanya karena memang jumlah penumpang yang sedikit. Meningkat paling saat angkutan Lebaran. Itu pun naiknya dari kondisi saat ini, paling 6 sampai 8 persen,” tuturnya.

Harga tiket pesawat untuk rute Pekanbaru ke Bandara Soekarno-Hatta maupun Halim Perdanakusuma di Jakarta, saat ini masih bertahan di atas Rp 1 juta per penumpang.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul: Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Bandara SSK II Pekanbaru Merugi Rp3 Miliar Setiap Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com