Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mudik, Jalintim Palembang-Lampung di Kabupaten OKI Kondisinya Rusak

Kompas.com - 09/05/2019, 16:25 WIB
Amriza Nursatria,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Jalan lintas timur Palembang-Lampung tepatnya di KM 65 Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, kondisinya rusak berat.

Kerusakan terlihat jelas di depan sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di mana terdapat sejumlah lubang besar tepat di tengah jalan.

Kondisi jalan juga bergelombang sehingga kendaraan yang melintas harus melambatkan laju kendaraanya agar tidak terjadi kecelakaan.

Informasi yang diterima Kompas.com, kerusakan jalan itu sudah berlangsung cukup lama. Kalaupun ada perbaikan, hanya bersifat tambal sulam dan tidak lama rusak kembali.

Baca juga: Protes Jalan Rusak, Warga Gorontalo Lepas Buaya Sepanjang 1,7 Meter

Rute itu sendiri merupakan rute utama arus mudik Lebaran kendaraan dari Pulau Jawa menuju ke berbagai daerah di Sumatera.

Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan dapat mengganggu arus mudik Lebaran nanti.

Fendi, seorang pengemudi truk asal Mesuji OKI menggatakan, kerusakan jalan di sepanjang jalintim dari Kayuagung hingga Mesuji terdapat di banyak titik.

Kerusakan itu dirasa mengganggu perjalanan karena sering mengakibatkan kemacetan dan menyebabkan kendaraan rusak.

“Banyak pak lokasi yang rusak sepanjang jalan Kayuagung sampai Mesuji, salah satunya yang sedang kita lewati ini, kami mohon segera diperbaiki apalagi sudah memasuki bulan puasa tak lama lagi akan menghadapi arus mudik,” kata dia, Kamis (9/5/2019). 

Baca juga: Lagi, Warga Sakit Ditandu di Pandeglang karena Jalan Rusak

Senada dikatakan, Toni warga Palembang. Menurut toni, kerusakan jalan di jalintim dari Palembang hingga Lampung cukup parah dan terdapat di sejumlah titik.

Akibat jalan rusak sering terjadi kemacetan dan kendaraannya kerap mengalami kerusakan. Toni berharap, pihak pemerintah dapat segera memperbaiki kerusakan jalan tersebut secepatnya.

“Kami berharap cepat diperbaiki pak, apa lagi saya kerap kali melintasi di sini,” kata dia.

Sementara, dari pantauan mulai dari Indralaya Ogan Ilir hingga Kayuagung OKI, belum terlihat ada upaya perbaikan dari jalan yang rusak tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com