Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kapolres Mimika yang Tidak Tidur demi Pleno Berlangsung Aman

Kompas.com - 09/05/2019, 08:51 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com — Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat Kabupaten Mimika, Papua, pada pemilu serentak 2019 telah berakhir, Kamis (9/5/2019) sekitar pukul 07.00 WIT.

Meski demikian, pengesahan hasil pleno tersebut baru akan dibacakan pada Kamis malam nanti dengan mengundang semua pihak terkait.

Pleno yang berlangsung sejak 30 April itu mendapat pengamanan dari aparat kepolisian dan TNI.

Ada kisah menarik selama pleno di hari terakhir ini. Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto terlihat mengikuti rapat pleno dari awal hingga akhir sehingga ia tidak tidur sekejap pun.

Bahkan, saat waktunya sahur, pria peraih Adhi Makasaya tahun 1998 di institusinya ini tidak meninggalkan Gedung Eme Neme Yauware, tempat pleno berlangsung.

Baca juga: Ada Gangguan Tembakan, Penyelanggara Pemilu di Distrik Alama Mimika Dievakuasi

Agung harus makan sahur di dalam gedung bersama polisi lain dan Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola.

Makan sahurnya pun dengan nasi kotak yang disediakan KPU. Menunya pun sama dengan semua peserta yang hadir dalam pleno, yaitu nasi telur dan ikan kuah.

Saat waktunya shalat Subuh, Agung juga melaksanakannya di salah satu ruangan gedung.

Kepada Kompas.com, AKBP Agung mengatakan sudah menjadi tanggung jawab dirinya untuk memastikan situasi aman selama pleno berlangsung.

"Saya tidak tidur untuk pastikan pleno ini berlangsung aman," katanya.

Bahkan, menurut dia, ia bersama polisi lain pernah tidak tidur selama 48 jam. Vitamin pun mereka konsumsi agar stamina mereka tetap stabil.

Dia pun mengucap syukur kepada Tuhan karena selama pemilu personelnya tidak ada yang mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

"Selama pleno saya hanya tidur sekitar 2 hingga 3 jam karena selama pleno tingkat kabupaten ini prosesnya panjang, yang dimulai dari pagi hari sampai dini hari," ujarnya.

Setelah pengesahan hasil pemilu Kamis malam nanti, menurut AKBP Agung, ia akan mengawal hasil tersebut untuk dibawa dari KPU Mimika ke Kota Jayapura untuk dilakukan pleno tingkat Provinsi Papua.

"Besok Jumat, saya akan kawal hasil ini untuk dibawa ke provinsi oleh komisioner KPU Mimika," tuturnya.

Seperti diketahui, Mimika pada Pilkada 2018 menjadi salah satu wilayah di Papua yang menjadi daerah rawan. Namun, semua itu terbantahkan setelah hadirnya AKBP Agung Marlianto menjabat sebagai kapolres Mimika.

Sementara itu, capres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak dari calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: 1.822 Linmas Disiapkan KPU Mimika Jaga 911 TPS

Jokowi-Ma'ruf menang di 18 distrik se-Kabupaten Mimika. Dari 18 distrik tersebut, Jokowi-Ma'ruf meraih suara terbanyak di Distrik Mimika Baru dengan raihan 96.553 suara. Sementara Prabowo-Sandiaga meraih 13.268 suara di Distrik Mimika Baru.

Adapun pengesahan perolehan suara pemilu serentak tingkat Kabupaten Mimika baru akan disahkan Kamis malam nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com