Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Tersedia Ratusan Kursi Mudik Gratis dari Pemprov Jatim

Kompas.com - 08/05/2019, 22:48 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Timur (Jatim) Fattah Jasin mengatakan, kuota mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah hampir penuh.

Menurut Fattah, sampai hari ini warga yang mendaftar untuk ikut mudik gratis menggunakan bus mencapai 18.000 orang. Namun, kata Fattah, masyarakat tidak perlu khawatir.

Pemprov Jatim masih menyediakan ratusan kursi bagi para pemudik yang ingin menggunakan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah.

"Masih ada kuota untuk kursi penumpang. Jadi masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mendaftar mudik gratis," kata Fattah kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: PT KAI Buka Pendaftaran Mudik Gratis Mulai Hari Ini, Berminat?

Fattah mengatakan, pendaftaran secara manual masih dibuka.

Masyarakat cukup datang ke kantor Dishub Jatim di Jalan A Yani, Surabaya. Syaratnya, masyarakat cukup menunjukkan e-KTP atau foto copy e-KTP.

"Untuk mudik jalur laut masih dibuka secara online sampai tanggal 20 Mei nanti. Tapi kalau kereta api kayaknya sudah penuh," ucap Fattah.

Baca juga: Gelar Mudik Gratis, KAI Sediakan 2.500 Kursi

Tahun ini, Dishub Jatim menyediakan 234.000 kuota mudik gratis melalui tiga moda transportasi, yakni bus, kapal laut, dan kereta api.

Untuk transportasi bus, Dishub Jatim menyediakan 560 unit bus yang akan melayani pemudik ke semua wilayah di Jawa Timur, yaitu Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Jember, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Tuban, Surabaya-Pamekasan, dan Surabaya-Sumenep.

"Nanti kami layani ke semua jurusan, dari Surabaya ke barat sampai ke Madiun termasuk ke Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Madura, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Pasuruan, Banyuwangi, Jember, Lumajang," terangnya.

Sementara mudik gratis menggunakan kapal laut lebih banyak memfasilitasi wilayah kepulauan, salah satunya di Madura.

Seperti di Kepulauan Bawean, Kalianget, Sapudi, Kangean, Masalambu, dan kepulauan lain di Jawa Timur.

"Banyak di wilayah kepulauan yang kita fasilitasi karena jalur kapal laut memang di sana," jelasnya.

Pemprov Jatim akan menyediakan sekitar 20-30 kapal laut dengan target 100.000 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com