Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya ke Lapangan Cuma Satu, Cari "Feeling"

Kompas.com - 08/05/2019, 17:35 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, alasan dirinya datang langsung ke lapangan untuk meninjau lokasi Ibu Kota baru, karena ingin mendapatkan "feeling" lokasi tersebut.

Jokowi menilai, dengan mendapatkan feeling, maka akan lebih mudah untuk memutuskan lokasi mana yang akan dijadikan Ibu Kota.

"Saya ini ke lapangan hanya satu, mencari feeling-nya, biar dapet feeling-nya gitu. Biar dapet feeling-nya, kalau enggak dapat feeling-nya nanti kalkulasinya, hitung-hitungannya memutuskan itu lebih mudah,” ungkap Jokowi saat mendatangi Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng), seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet RI, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Jokowi: Gunung Mas Kalimantan Tengah Paling Siap Jadi Calon Pengganti Ibu Kota RI

Jokowi mengatakan, memilih lokasi merupakan sebuah visi besar jangka panjang. Dia menilai bahwa hal ini mungkin akan berguna untuk 50 atau 100 tahun yang akan datang dalam rangka mempersiapkan negara ini masuk sebagai sebuah negara maju.

Baca juga: Perjalanan Jokowi Mencari Ibu Kota Baru, dari Bukit Soeharto Kaltim ke Segitiga Kalteng

Diberitakan sebelumnya, setelah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota, hingga saat ini Jokowi telah mendatangi dua lokasi untuk dijadikan Ibu Kota baru, yaitu Bukit Soeharto di Kalimantan Timur dan Gunung Mas di Kalteng.

Jokowi mengatakan, salah satu kelebihan dari Gunung Mas adalah lokasinya yang luas.

Mengutip dari Antara, kelebihan dari Kalimantan Tengah adalah memiliki infrastruktur yang lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com