Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Quran Raksasa di Masjid Tertua Polewali Mandar Sedot Perhatian Pengunjung

Kompas.com - 08/05/2019, 11:10 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sebuah Al Quran raksasa berukuran 1,5x2 meter yang dirawat Pengurus Masjid Nurut Taubah, di Desa Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat menjadi objek wisata religi di bulan Ramadhan.

Al Quran legendaris ini disimpan rapih dalam etalase kaca di halaman masjid. Karena diletakkan di ruang terbuka, semua pengunjung masjid bisa melihat Al Quran tersebut. 

Masjid Nurut Taubah sendiri merupakan mesjid tertua yang telah berusia ratusan tahun, yang juga merupakan saksi sejarah peradaban perkembangan Islam abad ke-18 di Tanah Mandar.

Dengan ukurannya yang besar, Al Quran ini memiliki bobot 50 kilogram. Al Quran raksasa ini lengkap dengan 30 juz, 114 surah dan 6.666 ayat.

Baca juga: Tadarus dengan Al Quran Raksasa di Banyuwangi

Al Quran ini dicetak di salah satu percetakan di kota Kudus, Jawa Tengah, dengan lama percetakan hampir satu tahun.

Al Quran ini memiliki 610 halaman dengan jumlah surat sebanyak 305 lembar yang ditulis menggunakan tinta emas yang terbuat dari tinta campuran dari China dengan cairan teh kental.

Asrul Mulyadi, salah satu warga luar Campalagian yang berwisata religi ke Masjid Nurut Taubah takjub dengan besarnya Al Quran tersebut. 

Dia yang bisa diakses siapa saja yang ingin melihat langsung. 

“Bagus, menarik. Ini salah satu cara menyebar syiar Islam,” kata Asrul, Selasa (7/5/2019) kemarin.

Baca juga: Kisah Bocah Tunanetra Penghafal Al Quran yang Viral: Dikunjungi Pejabat hingga Ditawari Sekolah Gratis

Sengaja dipajang

Imam masjid, Samsul Mudir Muhsin Tahur mengatakan, setiap hari Al Quran raksasa ini jadi objek wisata religi yang menarik tidak hanya warga lokal kecamatan Campalagian tapi juga warga luar daerah.

Menurut Samsul, Al Quran raksasa ini sengaja dipajang di halaman masjid selama Ramadhan untuk memberi akses kepada warga untuk melihat langsung Al Quran raksasa ini.

“Sengaja kita pajang di halaman masjid agar memudahkan siapa saja mengaksesnya, terutama warga yang penasaran ingin menyaksikan langsung Al Quran raksasa ini,” jelas Samsul. 

Menurut dia, Al Quran raksasa ini hanya dikeluarkan pada momen khusus seperti bulan Ramadhan. 

"Agar tidak mudah rusak atau dijamah warga, Al Quran ini sengaja disimpan di dalam etalase kaca. Al Quran ini menjadi pusat perhatian bagi warga yang singgah melaksanakan shalat," katanya. 

Baca juga: Al Quran Raksasa Jadi Tontonan Jemaah di Masjid Raya Makassar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com