Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Rumah Sakit Jiwa, Khofifah Bagi-bagi Tasbih

Kompas.com - 07/05/2019, 20:12 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sidak ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, Selasa (7/5/2019) siang. Khofifah membagi-bagikan tasbih kepada para penghuni rumah sakit jiwa tersebut.

Mantan menteri sosial itu punya maksud tersendiri dengan membagi-bagikan tasbih kepada para pasien rumah sakit jiwa.

"Sewaktu menjabat Mensos, saya sering keluar masuk rumah sakit jiwa, saya juga membagi-bagikan tasbih," terang Khofifah, kepada wartawan.

Baca juga: Perusak Nisan Makam di Kota Magelang Eks Pasien Rumah Sakit Jiwa

Tasbih menurutnya akan membantu pemulihan pasien gangguan jiwa dengan pendekatan religius. "Insya Allah akan membantu proses pemulihan pada terapi psikologi pasien," ujar dia.

Dia mengaku, selalu melihat pasien jiwa dengan pandangan kosong. Dengan tangan memegang tasbih, dia berharap ada kalimat yang diucapkan oleh si pasien.

Selain menemui pasien khusus perempuan, Khofifah juga menjenguk pasien khusus laki-laki. Khofifah disambut lantunan sholawat saat masuk di ruang khusus pasien perempuan.

Khofifah sempat berdialog dan bercanda dengan para pasien perempuan.

Baca juga: Aksi Penyanderaan di Paris Berakhir, Pelaku Dibawa ke Rumah Sakit Jiwa

Khofifah juga menjenguk Fitriani, pasien jiwa asal Dusun Tambak, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Selain memberikan tasbih, Khofifah juga memberikan bingkisan berupa busana untuk Fitriani.

Fitriani adalah pasien jiwa berat yang kini dirawat intensif di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya sejak 2 pekan terakhir. Jika kambuh, perempuan 29 tahun itu kerap memakan jarinya sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com