Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngabuburit Sambil Balapan Liar di Tol Cisumdawu Dibubarkan, Puluhan Pemuda Tunggang Langgang

Kompas.com - 07/05/2019, 19:27 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi


SUMEDANG, KOMPAS.com - Puluhan pemuda lari tunggang langgang saat anggota TNI/Polri membubarkan aksi balapan liar di lokasi Tol Cisumdawu, Selasa (7/5/2019) sore.

Jalan tol di wilayah Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang baru selesai dibangun ini dijadikan lokasi ngabuburit sekaligus tempat balapan liar sejak hari pertama puasa kemarin.

Bhabinkamtibmas Polsek Pamulihan Brigadir Supendi mengatakan, aksi balapan liar di Tol Cisumdawu ini mengganggu aktivitas warga lainnya.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Polisi Larang Warga Kupang Balapan Liar dan Konsumsi Miras

Untuk itu, pihaknya bersama Babinsa Koramil Tanjungsari Sertu Tri Haryanto membubarkan aksi balapan liar ini.

"Kami bubarkan balapan liar ini karena banyak laporan dari warga terkait aktivitas mereka yang meresahkan warga. Kami bina dan berikan arahan kepada pemuda yang tertangkap," ujarnya kepada KOMPAS.com di lokasi.

Supendi menuturkan, balapan liar ini sudah terjadi sejak lama. Tepatnya, sejak jalan Tol Cisumdawu ini rampung dibangun.

"Mungkin karena belum dioperasikan jadi dipakai mereka untuk aksi balapan liar ini," ucapnya.

Baca juga: Tertangkap Balapan Liar, 78 Remaja Diberi Sanksi Dorong Motor 2 Kilometer

Supendi menyebutkan, warga resah karena aktivitas balapan liar ini menimbulkan suara bising knalpot sehingga mengusik ketenangan warga.

"Warga juga banyak yang memanfaatkan waktu menunggu azan magrib ngabuburit di sini. Selain bising, aktivitas balapan liar juga mengancam jiwa warga," sebutnya.

Sementara itu, warga Dusun Bakankendal, Desa Citali, Ahmad (35) mengapresiasi langkah yang dilakukan aparat keamanan. Harapannya, bisa memberikan efek jera bagi para pelaku balapan liar.

"Semoga mereka kapok dan tidak mengulanginya kembali. Karena kami memang terganggu dengan adanya balapan liar ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com