Berkat Konsistensi Risma, Surabaya Jadi Pelopor Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual

Kompas.com - 07/05/2019, 18:55 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat diwawancarai bersama Kepala Kemenkumham Jatim Susy Susilawati di Balai Kota Surabaya, Selasa (7/5/2019). KOMPAS.com/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat diwawancarai bersama Kepala Kemenkumham Jatim Susy Susilawati di Balai Kota Surabaya, Selasa (7/5/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapat penghargaan khusus sebagai pejabat yang sadar sistem hak kekayaan intelektual (HKI).

Risma dinilai sebagai inisiator pendirian pelayanan HKI pertama di Indonesia yang bertempat di mal pelayanan publik Siola.

Penghargaan itu diberikan langsung Kepala Kantor Kementerian Hak Asasi Manusia Jawa Timur Susy Susilawati di Balai Kota Surabaya, Selasa (7/5/2019).


Kemenkumham juga memberikan penghargaan untuk Pemkot Surabaya, karena Kota Pahlawan dinilai sebagai kota yang banyak berkontribusi dan mendukung pemerintah pusat dalam perkembangan pengetahuan dan pemahaman HKI di Indonesia.

Baca juga: Bekraf dan Kemenkumham Serahkan 71 Sertifikat HKI untuk Pelaku Industri Kreatif

Susy Susilawati menyampaikan, Surabaya merupakan kota terbanyak yang mendaftarkan merek di Indonesia.

Bahkan, Surabaya menjadi satu-satunya kota pelopor yang memberikan pelayanan kekayaan intelektual yang bertempat di mal pelayanan publik.

"Jadi, di provinsi lain belum ada, dan ini baru ada di Kota Surabaya," kata Susy.

Menurut Susy, penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Surabaya itu, tak lepas dari sosok kepemimpinan Risma yang dinilai konsisten mendorong dan memotivasi para pelaku UMKM.

Berkaca dari apa yang dilakukan Pemkot Surabaya tersebut, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan memotivasi pelaku UMKM, agar mereka sadar dan mau mendaftarkan merek produknya.

"Supaya tidak ada pelanggaran HKI, makanya harus didaftarkan, agar tidak ada penyerobotan merek. Maka dari itulah kesadaran perlunya HKI yang terus kita dorong," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X