Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Titik Rawan Jalur KA Dipetakan

Kompas.com - 07/05/2019, 13:20 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Menjelang arus mudik, PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, melakukan pemetaan wilayah rawan di sepanjang jalur kereta api.

Di wilayah yang rawan akan ditempatkan petugas dan peralatan. Hal itu disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto melalui keterangan tertulis, Selasa (7/5/2019).

"Kami melakukan pemetaan daerah-daerah rawan di sepanjang jalur KA dengan menempatkan petugas maupun peralatan siaga Alat dan Material Untuk Siaga (AMUS) di 20 lokasi. Apabila dibutuhkan dapat segera dilakukan mobilisasi," katanya.

Baca juga: Terobos Pintu Perlintasan Kereta Api, Sanksi 3 Bulan Penjara

Selain itu, untuk memantau kondisi setiap saat, KAI Daop 5 juga akan mengoptimalkan dan menambah petugas pemeriksa jalan, serta penjaga perlintasan rawan dan juga pengawasan daerah rawan.

"Untuk personil keamanan, selain memaksimalkan personil pengamanan internal dari polsuska dan security, selama masa angkutan lebaran 2019 juga akan melibatkan personil keamanan dari TNI dan polri," jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Kemenkeu Siap Bantu Pendanaan Reaktivasi Kereta Api

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan, KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya.

"KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan dalam membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com