Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Count KPU, Prabowo-Sandiaga Hanya Dapat 3 Suara di Yalimo Papua

Kompas.com - 07/05/2019, 11:07 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno hanya mendapat tiga suara di Kabupaten Yalimo, Papua, sementara sisanya diperoleh pasangan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat 89.435 suara dan Prabowo-Sandiaga tiga suara," ucap Ketua KPUD Yalimo, Yehemia Waliangge saat membacakan hasil rekapitulasi suara Pilpres di Yalimo, di Kota Jayapura, Selasa (7/05/2019).

Di Kabupaten Yalimo pencoblosan menggunakan sistem nasional, namun berdasarkan data yang disampailam KPUD setempat, tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 100 persen.

Bahkan Yehemia menyebut tidak ada surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau salah coblos.

Baca juga: Real Count KPU, Jokowi-Maruf Unggul di Kabupaten Merauke Papua

Menanggapi hasil tersebut, saksi Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 mengingatkan KPUD Yalimo untuk bisa mempertanggung jawabkan data-data tersebut.

"Di Yalimo itu ada DPC Gerindra, jadi ini pasti sampai Mahkamah Konstitusi. Saya harap KPUD Yalimo bisa mempertanggungjawabkan hal ini," tutur Toto Daryoto, saksi Pasangan Capres dan Cawapres 01.

Hingga kini rekapitulasi suara Pemilu dari Kabupaten Yalimo di Rapat Pleno tingkat Provinsi Papua masih berlangsung pada tahapan DPR RI.

Namun prosesnya mendapat banyak interupsi dari saksi Parpol sehingga KPU Papua menskorsing rapat untuk memberi waktu kepada KPUD Yalimo menyiapkan dokumen DB1.

Baca juga: Saksi Sebut 20.257 Suara PDIP Hilang, Pleno Kabupaten Dogiyai Papua Diskors 2 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com