Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Gaya Nyentrik Menteri Susi Saat Tenggelamkan Kapal Vietnam | Potensi Gempa Magnitudo 8,9 di Mentawai

Kompas.com - 07/05/2019, 07:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesan nyentrik namun tegas sangat terasa dalam diri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika memimpin penenggelaman 13 kapal pencuri ikan asal Vietnam pada hari Sabtu (4/5/2019) di Kalimantan Barat.

Saat satu per satu kapal pencuri ditenggelamkan, Menteri Susi yang duduk di haluan kapal langsung mengangkat tangan terkepal, seakan memberi tanda akan kemenangan. Lalu sesekali dirinya juga memberi komando kepada anggotanya.

Lalu berita tentang penjelasan Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, tentang ancaman gempa bermagnitudo 8,9 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dan daerah sekitarnya, juga menjadi sorotan.

Untuk itu, masyarakat diminta untuk terus waspada dan tidak lengah untuk bisa meminimalisasi dampak negatif dari gempa yang bisa memicu tsunami itu.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Gaya nyentrik Menteri Susi saat pimpin penenggelaman kapal Vietnam pencuri ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memantau perairan Natuna di KRI Usman HarunCom Kementerian Kelautan dan Perikanan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memantau perairan Natuna di KRI Usman Harun

Sekitar pukul 09.50 WIB, Menteri Susi bersama rombongan naik ke kapal yang disediakan untuk menuju Pulau Datuk.

Waktu tempuh perjalanan laut dari dermaga PSDKP Pontianak ke perairan Pulau Datuk mencapai 3 jam lamanya.

Sekitar pukul 13.10 WIB, Menteri Susi telah berganti pakaian dengan kaos biru lengan panjang dibalut cardigan hitam, celana kain hitam dan sepatu sneakers telah 'nongkrong' di haluan kapal.

Saat kapal pencuri ikan satu per satu ditenggelamkan, Susi tampak kegirangan sambil mengangkat tangan terkepal. Sesekali dia juga terlihat memberi komando kepada anggotanya.

Baca berita selengkapnya: Gaya Nyentrik Menteri Susi Saat Pimpin Penenggelaman 13 Kapal Vietnam di Kalbar

2. Penjelasan BMKG terkait potensi gempa magnitudo 8,9 di Mentawai

IlustrasiMAST IRHAM/EPA Ilustrasi

Daryono mengatakan, ancaman gempa bermagnitudo 8,9 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dan daerah sekitarnya memang ada.

BMKG pun mengajak masyarakat untuk terus waspada dan tidak lengah untuk bisa meminimalisasi dampak negatif dari gempa yang bisa memicu tsunami itu.

"Sampai akhir zaman ancaman itu ada. Itu sumber gempa tumbukan lempeng Indo-Australia dan Euroasia," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Daryono mengatakan, ancaman kekuatan maksimal bermagnitudo 8,9 dan kemungkinan bisa di bawah itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com