Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pleno KPU, Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Kabupaten Grobogan

Kompas.com - 07/05/2019, 05:53 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2019 untuk pemilihan presiden (pilpres).

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten, perolehan suara pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf menang telak dari pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Dari hasil akhir pleno KPU, pasangan Jokowi-Ma'ruf mengantongi 735.446 suara. Sedangkan perolehan Prabowo-Sandiaga meraup 124.977 suara.

Ketua KPU Kabupaten Grobogan, Agung Sutopo, menyampaikan, dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan, perolehan suara pasangan Jokowi-Ma'ruf mendominasi.

Baca juga: Jokowi-Maruf Unggul di Kuwait, Dubai, hingga Seoul

erolehan suara Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga di setiap Kecamatan.

"Selisih angka perolehan suara di setiap kecamatan cukup jauh. Paslon 01 ungguli paslon 02," terang Agung saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Senin (6/5/2019).

Sebut saja di Kecamatan Karangrayung pasangan Jokowi-Ma'ruf meraup 48.558 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga memeroleh 7.236 suara.

Kemudian di Kecamatan Kedungjati, pasangan Jokowi-Ma'ruf mengantongi 22.024 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mengantongi 3.888 suara.

Baca juga: Hasil Pleno KPU, Jokowi-Maruf Menang Telak di Kabupaten Magelang

Sementara di Kecamatan Toroh, pasangan Jokowi-Ma'ruf memeroleh 60.762 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendulang 8.046 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Purwodadi juga dimenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan 67.599 suara. Adapun Prabowo-Sandiaga mengantongi 16.390 suara.

Secara keseluruhan, jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya ada 882.717 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 860.423 suara dinyatakan sah dan 22.294 suara dinyatakan tidak sah.

"Masih banyak pemilih yang suaranya dinyatakan tidak sah. Jumlah suara tidak sah ini menyebar merata di 19 kecamatan. Alhamdulilah prosesnya berjalan lancar," pungkasnya.

Baca juga: PSU di Bantul, Prabowo-Sandi Raih 82 Suara Jokowi-Maruf 79 Suara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com