Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Tahanan Kabur di Palembang, 7 Orang Sudah Ditangkap, 23 Lainnya Buron

Kompas.com - 05/05/2019, 22:25 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dua tahanan yang kabur dari sel Mapolresta Palembang, Sumatera Selatan, kembali ditangkap. Dengan demikian, sudah 7 tahanan yang sudah dijebloskan kembali ke tahanan.

Sementara itu, 23 orang lainnya masih buron.

Selain menangkap dua tahanan yang kabur, polisi juga menangkap dua orang lainnya yang diduga ikut terlibat dalam kasus kaburnya 30 tahanan di Polresta Palembang.

Baca juga: 30 Tahanan Polresta Palembang Kabur, Ini Kronologinya

Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah masih enggan membeberkan identitas dua pelaku tersebut karena saat ini masih dalam pemeriksaan penyidik.

"Iya dua orang itu sudah ditangkap, besok akan dirilis," katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (5/5/2019).

Didi melanjutkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, para tahanan tersebut melarikan diri dengan memanfaatkan momen hujan lebat yang mengguyur Palembang.

Suara hujan yang deras itu digunakan untuk menyamarkan suara saat menjebol teralis besi ventilasi udara.

"Sehingga petugas tidak mendengar ada kegiatan dari tahanan ini untuk menjebol ventilasi. Untuk kayu balik yang digunakan para tahanan itu sudah kami amankan sebagai barang bukti. Semuanya masih diperiksa," ujarnya.

Baca juga: 30 Tahanan Kabur di Palembang, Polisi Akui Kamera CCTV Rusak

Didi menegaskan, seluruh petugas piket pada malam kejadian pun masih dalam proses pemeriksaan. Jika kedapatan ada keterlibatan petugas, dia tak akan segan memberikan sanksi.

"Jika dalam peristiwa ini terbukti ada kelalaian yang dilakukan petugas akan diberikan sanksi,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 30 tahanan di Polresta Palembang melarikan diri setelah merusak kamera CCTV serta ventilasi yang ada di dalam ruangan, Minggu (5/5/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB saat seorang tahanan memberitahukan kepada petugas jaga bahwa beberapa ruang sel telah kosong.

Baca juga: Kapolresta Palembang Imbau 25 Tahanan yang Kabur Menyerahkan Diri

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata di sel tahanan 1, enam orang telah melarikan diri. Selanjutnya, di sel tahanan dua, ada 12 orang melarikan diri, begitu juga di sel tahanan tiga.

Kabid Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Supriadi ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, saat ini mereka sedang melakukan pengecekan ke sel tahanan Polresta Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com