Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersinan, Ritual Warga Lombok Tengah Sambut 1 Ramadhan

Kompas.com - 05/05/2019, 20:08 WIB
Idham Khalid,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Warga Dusun Karang Renyah, Desa Darek, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) gelar ritual bersinan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Minggu (5/5/2019).

Ritual bersinan merupakan tradisi masyarakat melaksanakan doa bersama dengan membawa dulang ke masjid untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Ahli Rukyat Saudi Sebut 1 Ramadhan Dimulai Senin 6 Mei 2019

Abdul Muhid (47) warga Dusun Karang Renyah menyebutkan, ritual bersinan merupakan ritual rutin setiap tahun menyambut tanggal 1 bulan Ramadhan.

"Ini ritual yang biasa dilakukan menyambut tanggal 1 bulan Ramadhan 1440 hijriah" Kata Muhid, Minggu (5/5/2019).

Ia menyebutkan, pelaksanaan bersinan biasa dilakukan pada akhir bulan, yaitu pergantian bulan Sya'ban menuju tanggal 1 Ramadhan.

Baca juga: Awal Ramadhan 1440 H Berdasarkan Laporan Ahli Hisab dan Perwakilan Rukyat di 9 Daerah

Pelaksanaan bersinan dilaksanak oleh kaum laki-laki, para perempuan atau ibu-ibu rumah tangga hanya mengantarkan dulang ke masjid, dengan berbagai rupa makanan disajikan seperti opor ayam, opor telur dan lainnya.

Setelah laki-laki terlihat sudah memenuhi masjid, kemudian melakukan do'a bersama dengan dipimpin oleh seorang Kiai atau Tuan Guru.

Setelah melaksanakan do'a berasama, warga menyantap hidangan yang sudah disiapkan di dalam dulang.

Kompas TV Puasa tinggal menunggu beberapa jam lagi. Pasti di rumah mulai berpikir akan menu sahur dan berbuka. Sapa Indonesia pagi ini mau menyajikan menu-menu praktis dan cepat untuk sahur dan berbuka. Kenapa praktis dan cepat? Karena kalau sahur pertama pasti susah bangun atau kesiangan. Yuk ikuti dan simak olahan masak Chef Kevin Christian. #MenuSahur #MenuBerbukaPuasa #Puasa
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com