Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Magnitudo 4,3 Guncang Wilayah Lombok

Kompas.com - 04/05/2019, 22:25 WIB
Fitri Rachmawati,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

Mataram, Kompas.com - Gempa bumi tektonik magnitudo berkekuatan 4,3, Sabtu (4/5/2019), pukul 22.20.15 Wita, menguncang wilayah Lombok. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,3. Episenter terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,05 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Daya Lombok Utara-NTB, pada kedalaman 17 km.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Pulau Morotai

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust) dan tidak berpotensi tsunami," jelas Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto, melalui rilisnya paska gempa.

Dikatakannya, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Mataram IIII-IV MMI, Lombok Barat dan Lombok Tengah III MMI.

Baca juga: Moeldoko: Ibu Kota Baru Diharapkan Jauh dari Ancaman Gempa Bumi....

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com