Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Camat dan Logistik Pemilu Gunungsitoli Terbakar, Polisi Ambil Sampel di Lokasi

Kompas.com - 04/05/2019, 21:18 WIB
Hendrik Yanto Halawa,
Khairina

Tim Redaksi

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian Daerah Sumatera Utara, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran di Kantor Camat Gunungsitoli, Sabtu (4/5/2019).

Pemeriksaan tersebut untuk kepentingan penyelidikan polisi dalam mengungkap penyebab kebakaran yang ikut menghanguskan Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunungsitoli, yang menyimpan logistik pemilu tahun 2019.

Kepala Kepolisian Resor Nias AKBP Deni Kurniawan mengatakan, dalam pemeriksaan di lokasi, sejumlah sampel sudah diambil oleh tim Puslabfor Polda Sumatera Utara.

Baca juga: Kantor Camat dan Logistik Pemilu di Gunungsitoli Terbakar

Selain itu, titik mula asal api yang menyebabkan kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

"Berdasarkan keterangan dari sejumlah Komisioner PPK, dan juga personel yang ditempatkan di PPK beberapa informasi sudah didapatkan, namun demi kepentingan penyidikan lebih lanjut, kami belum bisa mempublikasikannya,"ujar Kapolres Nias, Sabtu (4/5/2019).

Kapolres Nias menambahkan, dalam melakukan olah TKP, tim Puslabfor tidak hanya mengidentifikasi lokasi yang sudah dipetakan sesuai garis polisi yang terpasang.

Namun, tim Puslabfor juga mengidentifikasi sejauh mana rembetan kebakaran tersebut.

"Saat ini sudah dipasangi garis polisi, karena luasnya rembetan api hingga menyambar beberapa ruangan di kantor camat dan kantor lainnya," katanya.

Baca juga: Delapan Hari Pasca-kebakaran Gudang Logistik KPU Pesisir Selatan, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Di saat kejadian, sejumlah angggota sempat mengamankan beberapa dokumen berupa formulir DAA1 dan laptop yang digunakan untuk menginput Situng.

Sementara, sejumlah dokumen tersebut masih diamankan di Mapolres Nias, guna penyeleidikan lebih lanjut. Berdasarkan keterangan saksi, beberapa akan dilakukan identifikasi secara mendalam.

Akibat kejadian tersebut, diprediksi akan mengganggu tahapan yang ada di KPU Kota Gunungsitoli.

"Saat ini sedang pleno rekapitulasi tingkat KPU Kota," ujar Deni.

Dia menambahkan, belajar dari insiden yang ada, Polres Nias akan menambah kekuatan di sejumlah titik lokasi seperti lokasi rekapitulasi, gudang KPU, Kantor KPU dan Kantor Bawaslu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com