Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Sai Bakar Kantor Desa Sambil "Live" di Facebook | Jokowi-Ma'ruf Menang, KPU Babel Harap Tak Diprotes

Kompas.com - 04/05/2019, 11:37 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aksi Muhammad Sai (42) alias Lasade membakar kantor desanya dan menyiarkan secara live via Facebook bukannya tanpa alasan.

Sai ingin menarik perhatian Presiden Joko Widodo dan menunjukkan buruknya pelayanan aparat kantor Desa Malongi-longi, Kecamatan Lanrisang, Sulawesi Selatan. Aksi Lasade tersebut jadi viral di media sosial. 

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengaku telah menerima banyak laporan dugaan kecurangan di Pemilu 2019.

Namun sayangnya, banyak laporan tersebut tanpa disertai bukti kuat untuk menunjukkan kecurangan tersebut.

KPU Babel pun berharap mereka tidak menjadi sasaran protes jika Jokowi-Ma'ruf menang atas Prabowo-Sandi. 

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Alasan Muhammad Sai bakar kantor desa dan siarkan via live Facebook

Suasana Kantor Desa di Pinrang, saar dibakar oleh warga yang kesalKOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN Suasana Kantor Desa di Pinrang, saar dibakar oleh warga yang kesal

Saat live di akun Facebook-nya, Muhammad Sai mengaku pendukung berat Jokowi. Ia juga akhirnya meminta maaf atas aksi pembakaran yang telah dilakukannya. 

"Pak Jokowi saya pendukung berat Anda. Saya penyandang difabel, saya minta maaf. Inilah kelakukan yang ada di desa. Mereka para aparat hanya mengurus proyek-proyek miliaran tanpa mengurus warganya," ungkap Muhammad Sai.

Setelah membakar kantor Desa Mallongi Longi, pelaku juga berniat membakar kantor Kecamatan Lanrisang. Namun, rencana itu dicegah oleh warga sekitar dan aparat Kepolisian Resor Kabupaten Pinrang.

"Kita bergerak cepat mencegah aksi lanjutan Lasade," ujar Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Darma Negara.

Seperti diketahui, Muhammad Sai (42) membakar kantor Desa Mallongi-longi, Pinrang, Sulawesi Selatan, dengan menggunakan pelapah pisang yang disiram bensin. Sai kesal dengan pengurusan tanah yang berbelit-belit.

Baca berita selengkapnya: Agar Pesan Sampai ke Jokowi, Pelaku Bakar Kantor Desa Sambil "Live" Facebook

2. Harapan KPU Bangka Belitung saat Jokowi-Ma'ruf menang telak

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 01 Joko Widodo (tengah depan)-Maruf Amin (kiri depan) didampingi Ketua dewan pengarah tim kampanye nasional Jokowi-Maruf Amin, Jusuf Kalla (kanan depan) serta tokoh politikn lainnya berorasi dihadapan para pendukung saat mengikuti Konser Putih Bersatu dalam rangka Kampanye Akbar Pasangan Capres no urut 01 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.NOVA WAHYUDI Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 01 Joko Widodo (tengah depan)-Maruf Amin (kiri depan) didampingi Ketua dewan pengarah tim kampanye nasional Jokowi-Maruf Amin, Jusuf Kalla (kanan depan) serta tokoh politikn lainnya berorasi dihadapan para pendukung saat mengikuti Konser Putih Bersatu dalam rangka Kampanye Akbar Pasangan Capres no urut 01 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.

KPU Kepulauan Bangka Belitung mengaku banyak laporan dugaan kecurangan. Namun laporan tersebut tidak disertai bukti yang kuat.

"Banyak laporan, tapi tak ada bukti. Dari mana kami harus membukanya kembali," kata Ketua KPU Davitri, kepada Kompas.com, Jumat (3/5/2019).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com