Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rekapitulasi KPU, Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Banyumas

Kompas.com - 03/05/2019, 21:52 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menang telak dari pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten, Jumat (3/5/2019) malam, pasangan 01 memperoleh 792.150 suara atau 74,26 persen.

Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 274.618 suara atau 25,74 persen.

Total suara sah pilpres sebanyak 1.066.768 suara dan suara tidak sah 20.215 suara.

Dalam rapat pleno tersebut sempat diwarnai interupsi dari salah satu saksi pasangan 02, Khaerul Anwar. Ia meminta agar Bawaslu menindaklanjuti sertifikat hasil rekapitulasi suara dari Kecamatan Sumbang yang tidak disertai amplop sampul dan segel saat penyerahannya.

"Dari penghitungan sudah puas dan menerima hasilnya, untuk perolehannya hanya itu catatannya. Selisih perolehan suara tetap tidak ada perubahan. Hanya penyerahan itu dari 27 kecamatan itu Sumbang yang penyerahannya tanpa dibungkus seperti mainan. Itu kan di A1 penting itu yang kami instruksikan dan jadi catatan dari Bawaslu," kata Khaerul Anwar, Jumat.

Baca juga: Jokowi-Maruf Unggul dari Prabowo-Sandiaga di Kecamatan Kampung Bintang Berdasarkan Rekapitulasi

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyumas Yon Daryono mengatakan, hasil tersebut sudah cocok dengan perbaikan-perbaikan dalam rekapitulasi di tingkat kabupaten.

"Dalam rekapitulasi semua mekanisme sudah berjalan dengan baik. Sementara untuk hal-hal berikutnya nanti akan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat KPU provinsi," kata Yon.

Baca juga: Hasil Rekapitulasi di Pegunungan Bintang Papua, Jokowi Unggul Telak dari Prabowo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com