Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Mulai Puasa, Warga Desa di Maluku Mulai Shalat Tarawih Malam Ini

Kompas.com - 03/05/2019, 20:01 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Warga di Desa Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon) mulai menggelar shalat tarawih di Masjid Nurul Awal di desa tersebut, usai shalat isya berjemaah, Jumat malam (3/5/2019).

Warga di desa tersebut mulai melaksanakan shalat tarawih perdana di masjid tersebut, sebab pada Sabtu (4/5/2019) besok, warga sudah mulai melaksanakan ibadah puasa.

Shalat tarawih yang diikuti puluhan jemaah itu berlangsung penuh khusuk dipimpin imam masjid setempat, Kasim Tahapary.

Baca juga: Hindari Kenaikan Inflasi, Emil Minta Masyarakat Tak Konsumtif Jelang Ramadhan

Adapun shalat tarawih di masjid tersebut berlangsung sebanyak 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat shalat witir.

Menurut Kasim Tahapary, para tokoh agama di Desa Wakal melakukan perhitungan penentuan 1 Ramadhan berdasarkan hisab yang telah dijalankan secara turun temurun.

“Bukan melihat kondisi alam, tapi penentuan 1 Ramadhan itu sudah dihitung sejak 1 Muharam, jadi perhitungannya penetuan 1 Ramadhan itu sudah kita hitung sejak lama. Jadi sebentar ini kita semua sudah makan sahur untuk besok puasa,”ungkap Kasim kepada wartawan usai shalat tarawih.

Baca juga: Selama Ramadhan, Seluruh Tempat Hiburan di Banyumas Tutup Total

Dia mengatakan warga di Desa Wakal punya cara perhitungan penentuan 1 Ramadhan dengan mengunakan kalender perhitungan yang telah ada secara turun temurun. Perhitungan yang dilakukan juga menggunakan huruf hijaiyah.

“Misalnya puasa tahun ini hurufnya alif nanti puasa tahun mendatang itu beda lagi. Misalnya 1 Ramadhan tahun lalu jatuh pada hari Senin atau Selasa, maka 1 Ramadhan tahun berikutnya akan jatuh pada hari Sabtu,” terangnya.

Warga di Desa Wakal setiap tahunnya memang selalu melaksanakan ibadah puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain Desa Wakal, sejumlah desa di Maluku seperti Desa Tengah-Tengah dan Tial serta sejumlah desa di Pulau Buano juga selalu melaksanakan puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com