Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hardiknas, Mahasiswa di Kediri Jadi Guru Sehari

Kompas.com - 02/05/2019, 14:03 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Rachmawati

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Seratusan mahasiswa di Kediri, Jawa Timur turun ke empat sekolah tingkat dasar untuk mengajar, Kamis (2/5/2019). Mereka menjadi guru selama satu hari untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Para mahasiswa itu berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kadiri (UNISKA).

Materi yang mereka ajarkan antara lain pembelajaran Bahasa Inggris tingkat dasar, seperti kosa kata harian hingga bercerita. Pembelajaran itu mereka kemas melalui permainan dan nyanyian edukatif yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas.

Angga Putra, salah seorang mahasiswa yang bertugas mengajar di SDN Banjaranyar 1 mengatakan, materi-materi tambahan berupa keterampilan tangan juga diberikan kepada para siswa.

"Kami juga ajak mereka bikin origami," ujar Angga ditemui di sela mengajar.

Melalui origami, materi dikembangkan dengan mengajak siswa menyelami harapan dan cita-cita masing-masing. Lalu masing-masing siswa menulis cita-citanya pada origami bentuk burung yang telah mereka dibuat.

Hasil origami itu kemudian digantung di tembok kelas, sehingga selain bisa menjadi motivasi juga sebagai pemanis ruangan kelas.

"Intinya, materinya kami kemas sedemikian rupa supaya siswa semakin termotivasi belajarnya," ujar mahasiswa semester tiga ini.

Bahrul Ulum, guru di SDN Banjaranyar 1 menyampaikan apresiasinya terhadap kiprah para mahasiswa itu. Menurutnya, melalui kegiatan itu para siswa mendapatkan penyegaran sekaligus pengalaman belajar yang berbeda.

"Suasana pembelajarannya membuat siswa jadi fresh," ujar Ulum.

Arya Abdu Pratama, seorang siswa, juga menyampaikan rasa senangnya. Dia mengaku bahagia dengan pembelajaran itu selain karena banyak permainan juga karena hadiahnya juga.

"Seneng banget pokoknya," ujar siswa kelas 3 SDN Banjaranyar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com