Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Bendungan Gondang di Karanganyar, Jokowi: Ke Depan untuk Tempat Wisata

Kompas.com - 02/05/2019, 11:53 WIB
Labib Zamani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," kata Jokowi dengan didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, beserta pejabat lainnya saat meresmikan Bendungan Gondang di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis.

Baca juga: Jatuh di Bendungan, Remaja di Luwu Ditemukan Meninggal 

Bendungan Gondang merupakan prioritas dalam proyek strategis nasional yang pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2014.

Bendungan Gondang mampu menampung air sekitar 9 juta meter kubik dan mampu mengairi sekitar 4.680 hektar area persawahan, baik di Karanganyar maupun Sragen.

"Selain untuk mengairi sawah, juga untuk pembangkit listrik, air baku dan ke depan untuk tempat wisata," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Bendungan Karian Direncanakan Sejak 80-an, Selesai 2019

Lebih jauh keberadaan Bendungan Gondang ini dapat memberikan dampak yang baik untuk pertumbuhan ekonomi di Karanganyar dan sekitarnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Jokowi yang telah hadir untuk meresmikan Bendungan Gondang.

Menurut Juliyatmono, pembangunan Bendungan Gondang Karanganyar diawali dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi pada tahun 2014.

"Hari ini (Kamis) Alhamdulillah kembali hadir untuk meresmikan Waduk (Bendungan) Gondang yang hampir selesai tinggal digenangi air. Bendungan ini untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com