Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenakan Kostum "Iron Man" di Baliho Kampanye, Caleg Ini Raih Suara Terbanyak di Pekanbaru

Kompas.com - 02/05/2019, 10:18 WIB
Citra Indriani,
Rachmawati

Tim Redaksi

PEKANBARU,KOMPAS.com - Agung Nugroho, caleg dari Dapil 1 Kota Pekanbaru meraih suara terbanyak pada Pileg 2019. Saat kampanye, Agung memasang foto dirinya menggunakan kostum film Avenger "Iron Man" di balihonya.

"Alhamdulillah dari beberapa data yang sudah hampir 100 persen form C1 yang telah masuk dan dibandingkan caleg dari partai lainnya, memang kita meraih suara terbanyak dalam Pileg 2019," kata Agung saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (2/5/2019).

Besarnya suara yang didapat, diakui Agung karena baliho kampanyenya dengan kostum "Iron Man" yang dipasang selama masa kampanye.

Baca juga: Dana Kampanye PKB Sampai Rp 142 Miliar, Mayoritas Berasal dari Caleg

Menurutnya, pemasangan kostum "Iron Man" juga melalui mekanisme dan aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam aturannya, caleg tidak dibolehkan memasang baliho yang berbayar serta menggunakan baju partai.

"Untuk itu kami menggunakan ide kreatif. Awalnya iseng-iseng kami membeli kostum Iron Man di salah satu mall yang ada di Pekanbaru dan berhasil menemukannya," ungkap Agung.

Setelah itu, ia bersama tim suksesnya melakukan sesi foto  menggunakan kostum yang sedang viral di kalangan anak-anak milenial ini.

"Kami menggunakan itu dan alhamdulillah pengenalan terhadap sosok kami langsung diingat oleh masyarakat. Sehingga pemilih pun menjadi banyak di kota Pekanbaru," ucap Agung.

Baca juga: Diduga Ada Penggelembungan Suara ke Caleg dan Partai Lain, PPP Laporkan PPK ke Bawaslu Aceh Utara

Salah satu contoh, lanjut Agung, banyak sekali pemilih di sejumlah TPS yang menyebutkan bahwa mereka ingin memilih calon yang dari Partai Demokrat yang menggunakan kostum "Iron Man".

"Jadi, tagline kami disebut sebagai caleg Iron Man," sebut Agung.

Caleg termuda Dapil 1 Pekanbaru ini, sama sekali tidak menyangka suara yang diraihnya bisa mencapai 26.000 suara.

Bahkan, Agung menceritakan sempat diejek oleh caleg lain dan  di-bully di media sosial. Namun ia tidak memperdulikannya.

"Saya terus berusaha bersama tim. Sehingga dengan hasil yang dicapai saat ini berhasil mendapat 26.000 suara," ungkap Agung.

Baca juga: Ribut Soal Perolehan Suara, Caleg Partai Perindo di Surabaya Saling Lapor Polisi

"Tidak mungkin kalau hanya sekedar sosialisasi saja. Apalagi ditengah biaya politik yang sangat tinggi. Kami terus mencari ide sehingga dapat menekan biaya politik hingga 60 persen lebih irit dibanding caleg lainnya hanya dengan menggunakan kostum Iron Man," terangnya.

Ide tersebut muncul karena Agung memiliki kebiasaan menonton bioskop bersama keluarga. Kostum "Iron Man" dipilih karena sosok itu disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Banyaknya yang menyukai sosok Iron Man dan mudah dihafal semua kalangan. Sehingga kami memilih pasar yang jarang dipakai oleh caleg lain," kata Agung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com