Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda PIlihan Saat Pilpres, Komunitas Zumba dan Aerobik Kembali Bersatu dengan Gerakan Senam 03

Kompas.com - 02/05/2019, 09:54 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Setelah sempat berbeda pilihan pada Pemilu 2019, kini masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Instruktur Senam Tulungagung (KIST) kembali bersatu.

KIST terbagi dalam dua komunitas yaitu komunitas senam zumba yang memilih mendukung capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan komunitas senam aerobik yang memberikan dukungan kepada capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Ketua KIST, Isnawati mengatakan, pihaknya membebaskan anggota komunitas tersebut untuk memilih calon yang sesuai dengan pilihan mereka.

“Kita berharap dukung mendukung 01 dan 02 selesai sudah. Siapa pun presidennya kita tetap bersatu,” ujar Isnawati, Rabu (1/5/2019).

Baca juga: Jelang Ramadhan, Relawan Jokowi Ajak Masyarakat Kembali Bersatu

Pasca-pemilihan, tak ada lagi gap antar para pendukung. Perbedaan dukungan ini kini telah hilang.

Salah satu cara menyatukan kembali kedua komunitas ini dengan menggelar senam bersatu yang mengundang dua komunitas tersebut. Kegiatan ini digelar di halaman GOR Lembu Peteng, Rabu petang.

Siapa sangka, peserta yang ditargetkan 1.500, membludak menjadi 2.000 peserta.

Peserta yang didominasi ibu rumah tangga ini mengenakan kaos bertuliskan 01+02 = 03 Pancasila sila ke-3, Persatuan Indonesia.

Karena membludaknya peserta, kaos yang dibuat panitia tidak mencukupi.

Baca juga: “Siapa Pun Presiden Indonesia, Kita Semua Harus Tetap Bersatu”

Sebagai bentuk persatuan, gerakan senam yang diperagakan instruktur berupa gabungan antara zumba dan aerobik, yang dilakukan secara bergantian

“Siapa pun nanti presidennya, ayo sama-sama kita dukung. Kita tetap kompak, sukses bareng, pintar bareng,” tegas Isnawati.

Di balik persatuan yang kembali terjalin, para ibu rumah tangga tersebut memiliki harapan kepada presiden terpilih untuk pemberdayaan perempuan agar semakin ditingkatkan.

Mereka juga bertekat meneruskan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang digagas Kementerian Kesehatan melalui senam.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul: Komunitas Zumba dan Aerobic Tulungagung Sempat Beda Pilihan, Kini Bersatu Senam 03

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com