Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Pariwisata Terguling di Yogyakarta, 35 Penumpang Jadi Korban

Kompas.com - 01/05/2019, 20:10 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah bus pariwisata berisi puluhan penumpang terguling di tanjakan Bundelan, Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (1/5/2019) sore. Akibatnya seorang meninggal dunia, lainnya mengalami luka.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi kecelakaan, bus Ary Jaya bernopol AB 7561 AK melintang di tengah jalan alternatif Gunungkidul-Klaten.

Bus mengalami kerusakan di sisi kanan. Sampai Rabu petang, petugas dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR, dan petugas lainnya masih kesulitan mengevakuasi bus.

Kanit Lantas Polres Gunungkidul Iptu Soni Yuniawan menyampaikan kronologi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu bus berjalan dari Klaten dan naik di tanjakan Bundelan. 

Baca juga: Minibus di Magetan Terguling ke Persawahan, 1 Penumpang Meninggal dan 5 Lainnya Luka-luka

Sebelumnya bus berangkat dari lokasi ziarah makam Pandanaran Bayat dan menuju tujuan lain di pantai Sadranan Gunungkidul.

"Pada tanjakan Bundelan, bus tersebut tidak kuat (menanjak) akhirnya mundur dan terbalik," kata Soni saat berbincang dengan Kompas.com di lokasi.

Bus tersebut berisi 35 penumpang dengan sopir Agus Riyanto. Sopir bus diduga tidak hapal jalan sehingga bus tidak kuat menanjak.

Baca juga: Rem Blong, Minibus Angkut 18 Penumpang Terguling ke Lahan Persawahan

 

Satu korban tewas

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko menambahkan, korban meninggal dunia atas nama Lailla (20) yang beralamat di Kebonbatur 04/06, Mranggen, Demak, Jawa Tengah.

"Korban meninggal karena luka berat di kepala," ucapnya.

Untuk data korban luka ringan ada 17 orang, dan trauma 14 orang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com