Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tergerus Banjir, Jembatan Trailu di Jalur Trans Sulawesi Ditutup

Kompas.com - 01/05/2019, 12:03 WIB
Junaedi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAMUJU TENGAH, KOMPAS.com – Ruas jalan nasional di Desa Trailu, Kecamatan Sampaga, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, terancam lumpuh total akibat kondisi Jembatan Trailu yang ditutup untuk kendaraan roda empat.

Jembatan yang menjadi satu-satunya akses jalan lintas Trans Sulawesi itu ditutup lantaran ujung landasan jembatan runtuh karena tergerus derasnya air Sungai Karama.

“Penyangga jembatan di kedua sisi tergerus banjir, karena khawatir ambruk, sementara jalur ini ditutup untuk truk angkutan besar,” kata Petugas PU Bina Marga Sulbar, Saradin, Rabu (1/5/2019).

Baca juga: Pemprov Sumsel Segera Perbaiki Jembatan Hanyut di Empat Lawang

Penutupan jembatan bagi kendaraan roda empat menyebabkan kemacetan. Tampak antrean panjang kendaraan dari arah Palu menuju Makassar, begitupun sebaliknya mencapai puluhan kilometer.

Dinas PU disebut akan segera membangun jembatan darurat sebagai jalur alternatif agar jembatan utama yang menghubungkan tiga provinsi ini bisa segera dibenahi dan dilalui kendaraan seperti biasanya.

Jalan alternatif ini diharapkan bisa mengurangi penumpukan dari dua arah.

Baca juga: Jembatan Ambruk, Warga di Maluku Tandu Jenazah Lewati Tanah Berlumpur hingga Seberangi Sungai

Dinas PU mengigatkan warga dan pengguna jalan yang ingin melitas di jalur ini, lebih berhati-hati dan untuk sementara bersabar.

Pemerintah tengah mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah akses yang terputus, agar semua kendaraan bisa melintas dan tidak terjadi antrean yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com