Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Paksa dari RS demi Pemilu, Ketua KPPS Gugur usai Pencoblosan

Kompas.com - 30/04/2019, 13:15 WIB
Citra Indriani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 029 Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau, meninggal setelah sempat dirawat selama sepekan di RSUD Pekanbaru.

Korban sebelumnya terjatuh dari sepeda motor dan mengalami patah tulang pada bagian kaki.

Komisioner dan Koordinator Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, membenarkan kabar duka tersebut memalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (30/4/2019).

"Ketua KPPS 029, Hazairin, meninggal dunia sekitar pukul 21.30 WIB di RSUD Pekanbaru," ucap Nugroho, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Cerita di Balik Kabar Petugas KPPS di Cilacap yang Tak Mampu Bayar Biaya Rumah Sakit

Sebelumnya, Hazairin sempat masuk rumah sakit, karena mengalami masalah pada ginjal dan asam urat 4 hari menjelang pencoblosan pada 17 April 2019 lalu.

"Sehari jelang pemilihan, dia minta pulang karena harus bertugas sebagai KPPS. Dokter sempat melarang, namun beliau bersikeras karena khawatir pemilihan bisa tidak berlangsung," jelas Nugroho.

Setelah itu, sambung Nugroho, Hazairin sempat bertugas dari pagi hingga pagi berikutnya. Kemudian dua hari setelah pencoblosan, sakitnya kambuh, dan tetap memaksakan diri naik motor untuk membeli obat di apotik.

Baca juga: Usai Pemilu, Petugas KPPS di Cianjur Berjatuhan Sakit

Namun Huzairin terjatuh dari motor dan mengalami patah pada bagian kaki. Kemudian ia dirawat di RSUD sejak seminggu lalu, tetapi karena belum bisa dioperasi kondisinya semakin menurun dan akhirnya meninggal dunia sekitar pukul 21.30 WIB malam tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com