Cerita di Balik Kabar Petugas KPPS di Cilacap yang Tak Mampu Bayar Biaya Rumah Sakit

Kompas.com - 30/04/2019, 11:33 WIB
Petugas KPPS di Cilacap, Jateng sakit usai bertugas Tangkapan Layar Kompas TVPetugas KPPS di Cilacap, Jateng sakit usai bertugas

CILACAP, KOMPAS.com - Bangkit Rizka Utami (21), anggota KPPS Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang dikabarkan sakit karena kelelahan, kini telah beraktivitas seperti sedia kala.

Setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Medika Lestari selama empat hari, kini Rizka telah mengikuti kegiatan di kampusnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jawa Tengah.

"Sudah berangkat ke Purwokerto, Minggu sore kemarin. Dia kos di sana," kata ayah Rizka, Mudlomir, saat ditemui di Balai Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Petugas KPPS di Cilacap Sakit Usai Bertugas, Tak Mampu Bayar Biaya Rumah Sakit

Mudlomir menceritakan, anak ketiga dari lima bersaudara tersebut awalnya mengeluh tidak enak badan sehari pasca-pencoblosan. Rizka bertugas di TPS 12 Desa Mujur Lor hingga Kamis (18/4/2019) dini hari.

"Setelah pulang pukul 04.00 merasa tidak enak badan, terus tidur. Pagi harinya dia berangkat kuliah, sebenarnya badannya tidak fit, tapi tetap memaksakan berangkat kuliah. Malamnya pulang lagi, katanya nggak kuat, pusing," ujar perangkat Desa Mujur Lor ini.

Keesokan harinya, anaknya dibawa ke puskesmas. Selanjutnya dirujuk ke rumah sakit untuk rawat inap karena didiagnosa menderita gejala tipus dan gangguan pada lambung.

Terkait kabar yang menyebut bahwa tidak bisa membayar biaya rumah sakit, Mudlomir mengaku sempat khawatir karena tidak memiliki BPJS Kesehatan.

"Saya tanya anaknya kira-kira gimana? Ya sudah pulang aja enggak apa-apa katanya," kata Mudlomir.

Baca juga: Update 30 April Pagi, 318 Anggota KPPS Meninggal, 2.232 Sakit

Atas persetujuan dokter, akhirnya Rizka dipulangkan setelah menjalani perawatan selama empat hari.

Mudlomir mengatakan hingga kini belum ada bantuan yang diberikan dari pihak manapun terkait Rizka yang jatuh sakit.

"Sampai sekarang belum ada. Saya pun tidak mengharapkan, karena ini kepentingan untuk bangsa dan negara," ujar Mudlomir.

Mudlomir mengatakan sampai saat ini anaknya masih dalam tahap perawatan. Setiap hari Rizka masih mengonsumsi obat yang diberikan dokter.

"Baru pertama kali jadi KPPS, sebelumnya tidak pernah. Biasanya saya yang jadi KPPS, tapi untuk regenerasi sekarang gantian yang muda-muda," ujar Mudlomir.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X