Cuaca Buruk, 1 Pendaki Gunung Mekongga Kena Hipotermia, 12 Lainnya Masih Dicari

Kompas.com - 30/04/2019, 07:11 WIB
Tim Basarnas menyusuri sungai untuk mengevakuasi 12 Pendaki Gunung Mekongga, Kolaka Utara karena satu diantara mereka terserang Hypotermia (KOMPAS.com/KIKI ANDI PATI) Petugas SAR mencari pendaki yang terserang Hypotermia di Gunung MekonggaTim Basarnas menyusuri sungai untuk mengevakuasi 12 Pendaki Gunung Mekongga, Kolaka Utara karena satu diantara mereka terserang Hypotermia (KOMPAS.com/KIKI ANDI PATI)

KENDARI, KOMPAS.com – Satu dari 15 orang pendaki Gunung Mekongga, Desa Tinukari, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terserang hipotermia, Senin (29/4/2019).

Awalnya, 15 pendaki Gunung Mekongga hendak turun dari pos 8 ke pos 7. Namun hun yang turun sejak beberapa hari terakhir membuat kondisi fisik mereka tidak stabil.

Sehingga satu orang pendaki bernama Cindy (18) mengalami hipotermia di pos 7. Rombongan komunitas pencinta alam ini tengah melakukan ekspedisi Hutan Gunung Mekongga yang dilaksanakan sejak 23 April 2019 lalu.

Kepala Basarnas Kendari, Djuanedi menjelaskan, pihaknya pertama kali mendapatkan laporan dari salah satu pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, sekitar pukul 08.45 Wita.

“Kita menerima informasi pertama kali dari Pak Tahir, anggota BPBD Kolut bahwa telah terjadi musibah yang membahayakan jiwa manusia 15 orang pendaki di Gunung Mekongga sekitar pukul 03.36 Wita dini hari tadi,” kata Djunaedi.

Baca juga: Kurangi Kecelakaan, Kini Pendaki Gunung Merbabu Wajib Kenakan Gelang Ber-chip

Tiga dari 15 orang pendaki telah turun melapor ke masyarakat sekitar Gunung Mekongga, sehingga tersisa 12 orang yang beristirahat di pos 7.

Setelah menerima laporan tersebut, sekitar pukul 08.55 Wita, lima anggota tim Basarnas dari pos Kolaka langsung menuju tempat kejadian musibah dengan menggunakan satu unit rescue car dan membawa peralatan pendukung lainnya untuk memberikan bantuan SAR.

"Masyarakat sekitar lokasi pun sudah melakukan pencarian awal terhadap para pendaki, namun hingga saat ini belum berhasil ditemukan," terangnya.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih berusaha mencari 12 belas orang pendaki yang masih berada di Gunung Mekongga.

Baca juga: 5 Pendaki Gunung Gede Pangrango Kelelahan di Jalur Selabintana, 2 Cedera

Pada pukul 18.55 Wita tadi, kantor Basarnas Kendari kembali memberangkatkan satu tim berjumlah enam orang dan  bergabung dengan tim pertama yang sudah lebih awal tiba di lokasi.

"Pencarian ini melibatkan kurang lebih 58 orang yang terdiri dari Basarnas, Polsek Wawo, Koramil Kolut, BPBD Kolut, komunitas pecinta alam dan masyarakat setempat," tambah Djunaedi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X