Maja di Lebak Masuk Calon Ibu Kota Negara, Ini Penjelasan Wagub Banten

Kompas.com - 30/04/2019, 06:32 WIB
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy Dok. Diskominfo BantenWakil Gubernur Banten Andika Hazrumy

SERANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyebut Kecamatan Maja di Kabupaten Lebak, masih berpeluang menjadi kandidat ibu kota negara.

Hal tersebut dia katakan seusai mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Negara, Senin (29/4/2019).

Dalam rapat tersebut, Andika mengatakan bahwa Maja masuk ke pembahasan untuk menjadi kandidat ibu kota negara, berdasarkan usul dari Pemprov Banten dengan pertimbangan wilayah yang luas dan juga berdekatan dengan DKI Jakarta.

"Ini baru tahap awal, nanti ada rapat terbatas selanjutnya untuk nanti menentukan (ibu kota). Jadi kita belum dapat arahan, tadi hanya baru pertimbangan-pertimbangan baik itu wilayah di pulau Jawa atau di luar pulau Jawa," kata Andika di Istana Negara dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2019) malam.

Baca juga: Ini Kriteria Daerah yang Akan Jadi Ibu Kota Baru

Andika mengatakan, Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih melakukan sejumlah pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak mengenai lokasi ibu kota baru, seperti ketersediaan lahan, fasilitas penunjang, sumber daya manusia (SDM) dan juga anggaran.

Selain Maja di Banten, menurut Andika, beberapa wilayah juga masuk ke pembahasan calon ibu kota negara, seperti Jonggol di Jawa Barat, Palangkaraya di Kalimantan dan Mamuju di Sulawesi.

"Kami dari Pemprov Banten mengusulkan di wilayah Maja, Lebak. Mungkin nanti rapat selanjutnya sudah bisa melihat pemetaan potensi daerah mana yang memiliki fasilitas-fasilitas penunjang ibu kota," ujar dia.

Baca juga: [BERITA POPULER] Jokowi Putuskan Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa | Kisah Caleg Gagal yang Janggal

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X