Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Caleg Stres di Padepokan Maung Bodas, Jemput Bola bagi Caleg Depresi yang Malu Datang (3)

Kompas.com - 29/04/2019, 12:00 WIB
Candra Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Padepokan Maung Bodas memiliki layanan jemput bola untuk membantu pengobatan caleg depresi. Tim dari padepokan akan mendatangi dan bersilatuhami ke rumah caleg tersebut.

"Kita bantu mereka yang mau ke sini tapi malu," kata pimpinan Padepokan Maung Bodas Wak Ano Lodaya.

Menurut dia, selama ini tidak bakal ada yang bersilatuhami dengan caleg gagal. Padahal caleg tersebut butuh dukungan dari lingkungannya. "Kami datangi mereka, beri pendampingan," katanya

Saat jemput bola, tim hanya memberi motivasi kepada caleg gagal tersebut di rumahnya. Untuk penanganan tahapan rehabilitasi tetap dilakukan di padepokan karena membutuhkan keterampilan khusus. "Rehabilitasi tetap di sini," terang Wak Ano.

Baca berita sebelumnya: Pengobatan Caleg Stres di Padepokan Maung Bodas, Depresi Suara Jeblok karena Di-PHP Timses (1)

Untuk menambah wawasan tentang kejiwaan, semua pengurus Maung Bodas kuliah di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Mereka mengambil jurusan Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Agama Islam. "Ada 15 orang yang kuliah lagi. Sebelumnya 75 persen dari mereka sudah S1," terang Wak Ano.

Yang dipelajari di bangku kuliah, lanjut dia, seputar kejiwaan, tasawuf, psikoterapi, penyembuhan secara kebatinan. Tasauf dijadikan dasar untuk dapat memahami segala kondisi objek. "Kami sudah dua semester," katanya.

Wak Ano mengatakan, ia mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Maung Bodas untuk jangka panjang. Oleh karenanya pengurusnya harus kuliah lagi. "Kampus memberikan kebijakan-kebijakan dalam bentuk pilihan jadwal kuliah, termasuk pembiayaan," kata Wak Ano.

Sementara itu, Maung Bodas merupakan singkatan Manusia Unggul Boga Darah Siliwangi. Manusia unggul ini, kata dia, adalah sebuah harapan agar kita harus jadi manusia unggul.

Baca berita sebelumnya: Pengobatan Caleg Stres di Padepokan Maung Bodas, Pakai Metode Relaksasi hingga Rukiah (2)

 

"Unggul di mana? Ya unggul di hadapan Allah SWT, unggul dalam berkeluarga, dan unggul dalam lingkungan," terangnya.

Unggul ini, menurut Wak Ano, mengusung konsep kita harus memiliki nilai lebih dari yang lain di hadapan Allah SWT. Bagi siapapun, jamaah-jamaah harus memiliki nilai unggul.

Ihwal Boga Darah Siliwangi, dia mengatakan Siliwangi ini merupakan akhlak Rasulullah SAW, yakni silih asah, silih asih, silih asuh, silih wangian.

"Maung Bodas memiliki nilai-nilai filosofi, nilai-nilai yang memiliki sebuah harapan. Jadi kita memiliki harapan memiliki darah Siliwangi, mencontoh ahlak-ahlak mulia Rasulullah," katanya. 

Selesai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com