Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk di Sulawesi Utara, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 28/04/2019, 12:44 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Cuaca buruk seperti intensitas hujan ringan hingga lebat dengan durasi yang signifikan terjadi di Sulawesi Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca buruk terjadi beberapa hari terakhir ini sejak 20 April 2019.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama menjelaskan, hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor di atmosfer.

Baca juga: BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Mendatang

"Faktor regional dan lokal sangat mempengaruhi cuaca buruk beberapa hari ini. Faktor regional yaitu terdapat beberapa wilayah tekanan rendah dan siklon tropis di BBS sehingga massa udara dari Pasifik lebih banyak didorong ke daerah siklon tropis dan pusat tekanan rendah tersebut," terang dia.

Selain itu, kata dia, massa udara dari Asia (Samudera Pasifik) yang terbawa angin bersifat basah.

Kondisi di atas teridentifikasi mengakibatkan adanya konvergensi (pertemuan angin), pusaran angin tertutup dan belokan angin di wilayah Sulawesi Utara sehingga massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik mengalami perlambatan.

Baca juga: BMKG: Waspadai Longsor dan Banjir Wilayah Pegunungan Barat Sumut

"Akbatnya, atmosfer menjadi jenuh (tercatat kelembapan per lapisan atmosfer sangat tinggi yaitu 70 sampai 100 persen) sehingga memiliki energi yang kuat untuk pertumbuhan awan-awan penyebab hujan lebat (awan CB)," ujar dia

"Faktor lokal juga turut mempengaruhi kondisi cuaca-cuaca buruk tersebut yaitu topografi wilayah Sulawesi Utara pada umumnya bergunung atau tidak datar," lanjutnya.

Terkait prospek cuaca Sulawesi Utara untuk Bulan April 2019 masih dipengaruhi oleh angin monsun Asia di wilayah Indonesia yang menyebabkan masih terjadinya musim hujan.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi

Berdasarkan prakiraan curah hujan Bulan April 2019 oleh BMKG untuk Sulawesi Utara adalah kategori menengah hingga tinggi (200 sampai 500 mm).

"Khususnya untuk Kota Manado adalah kategori menengah (200 sampai 300 mm). Untuk hujan di wilayah Sulawesi utara akan didominasi pada siang hingga sore menjelang malam dan dini hari di beberapa hari," kata dia.

Kompas TV Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG memprediksi terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia selama tiga hari kedepan. Cuaca ekstrem yang akan terjadi selama tiga hari kedepan berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir. #bmkg #cuacaburuk
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com