Cuaca Buruk Landa Sulut, 4 Penerbangan Dialihkan

Kompas.com - 28/04/2019, 12:33 WIB
Beberapa pesawat di Bandara International Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLBeberapa pesawat di Bandara International Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara.

MANADO, KOMPAS.com - Empat penerbangan yang dijadwalkan landing di Bandara Sam Ratulangi, dialihkan karena cuaca buruk melanda Manado, Sulawesi Utara, Minggu (28/4/2019).

Hal ini dibenarkan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Angga Maruli, saat dihubungi Kompas.com via telepon, Minggu siang.

"Terkait cuaca hujan deras di Manado, ada beberapa flight yamg terdampak. Di antaranya, Wings Air IW 1173 TTE-MDC (Ternate-Manado) jadwal landing 8.25 divert ke Gorontalo. Wings Air IW 1164 GTO-MDC (Gorontalo-Manado) jadwal landing 8.35 RTB (return to base) kembali ke Gorontalo," ujarnya.

"Citilink QG 300 CGK-MDC jadwal landing 8.55 divert Balikpapan. Batik air ID 6279 MDC-CGK jadwal take off 10.00 RTA (Return to Apron) kembali ke apron dan penumpang kembali ke ruang tunggu," lanjut Angga.


Sementara itu, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan terakhir jarak pandang di Bandara Sam Ratulangi 800 meter sampai 1 kilometer.

"Sudah di bawah jarak pandang minum bagi penerbangan," kata dia melalui pesan singkat di grup WhatsApp BMKG, PVMBG dan stakeholder.

Terkait cuaca di Sulut, kata Cariz, pihalnya telah memgeluarkan peringatan dini. Menurut dia, masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir pada pukul 12.00 Wita di wilayah Tomohon, Minahasa Utara, Manado, Bitung, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Talaud.

"10 wilayah keseluruhan ini akan terdampak hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir," sebut dia.

Kondisi cuaca ini dapat meluas ke Wilayah Kotamobagu (seluruh wilayah), Bolaang Mongondow Timur (seluruh wilayah), dan Kabupaten Kepulauan Sangihe (seluruh wilayah).

"Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 15.00 Wita," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X