Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Ketum PAN Soetrisno Bachir: Arah Politik PAN Sudah Terbaca

Kompas.com - 28/04/2019, 10:15 WIB
Andi Hartik,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir mengaku mulai membaca arah politik PAN setelah Pemilu Serentak 17 April 2019.

Meski begitu, Soetrisno masih enggan mengungkapkan bahwa PAN mulai merapat ke kubu pemerintah.

Hal itu disampaikan Soetrisno Bachir menanggapi pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokow Widodo di Istana Negara pada Rabu (24/4/2019) siang.

“Walaupun saya sekarang Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai) nonaktif, saya bisa membaca lah para politisi di Indonesia ini, khususnya PAN. Membacanya seperti apa, itu rahasia,” katanya saat menghadiri Dialog Ekonomi Umat di Pondok Pesantren An Nur 1 Kabupaten Malang, Sabtu (27/4/2019) malam.

Baca juga: Ketua Mahkamah PAN Sebut Partainya Membuka Peluang Gabung Koalisi Jokowi

PAN merupakan partai pendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PAN berada satu koalisi dengan Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan Partai Berkarya pada Pemilu 2019.

Sedangkan, Soetrisno yang merupakan ketua MPP PAN memilih untuk berbeda sikap politik. Soetrisno tetap berada di pihak pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin hingga akhirnya non-aktif sebagai ketua MPP PAN.

Baca juga: Wasekjen PAN: Bima Arya Terlalu Spekulatif Maknai Pertemuan Jokowi-Zulkifli

Namun demikian, Soetrisno enggan berkomentar lebih jauh soal pertemuan Zulkifli Hasan dan Jokowi. Meski sudah membaca arah politik PAN pasca-pemilu, Soetrisno melihat pertemuan Zulkifli dan Jokowi di Istana Negara merupakan pertemuan antar pemimpin lembaga negara.

“Itu kan ketua MPR, Pak Jokowi itu presiden. Ketemu yan biasa saja. Pertama saya sudah tidak aktif di PAN. Saya aktifnya di KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Nasional) membantu presiden khususnya di bidang ekonomi dan industri. Kalau politik saya hanya baca di koran,” ungkapnya.

Baca juga: Pertemuan Jokowi-Zulkifli Hasan, Isu PAN Merapat, dan Tanggapan BPN

Pertemuan Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (24/4/2019) siang, menimbulkan berbagai spekulasi. Banyak pihak yang menganggap bahwa PAN mulai menjajaki koalisi dengan Jokowi-Ma’ruf Amin yang unggul dalam Pemilu 2019 versi hitung cepat.

Sementara itu, sejumlah politisi PAN bahkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) membantah PAN akan meninggalkan koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kompas TV Apakah arah koalisi akan berubah Pascapilpres, terutama bagi Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional yang santer dikabarkan akan merapat ke kubu TKN Jokowi-Ma'ruf, betulkah keretakan mulai muncul di tengah koalisi Prabowo-Sandi? Kompastv akan mengulasnya bersama Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo juga pakar komunikasi politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno serta melalui sambungan satelit Sekjen PAN Eddy Soeparno. #koalisipolitik #PAN # PartaiDemokrat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com